Cari berita
  • facebook
  • twitter
  • instagram
  • youtube
Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia tokotbisnis Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Rismaharini Tempati Urutan Ketiga Wali Kota Terbaik Dunia

Wali Kota Surabaya Tri Rismaharini menempati urutan ketiga daftar penghargaan Wali Kota terpuji dunia versi World Mayor. Pada Selasa, 3 Februari 2015, The City Mayors Foundation mengumumkan nama-nama wali kota terpuji dunia dalam situs resminya www.worldmayor.com.
News Editor
News Editor - Bisnis.com 03 Februari 2015  |  19:36 WIB
Rismaharini Tempati Urutan Ketiga Wali Kota Terbaik Dunia
Tri Rismaharini - Bisnis/Wahyu Darmawan
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Wali Kota Surabaya Tri Rismaharini menempati urutan ketiga daftar penghargaan Wali Kota terpuji dunia versi World Mayor. Pada Selasa, (3/2/2015), The City Mayors Foundation mengumumkan nama-nama wali kota terpuji dunia dalam situs resminya www.worldmayor.com.

Posisi pertama diraih oleh Naheed Nenshi, Wali Kota Calgary, Kanada. Nenshi dianugerahi the 2014 World Mayor Prize. Sementara itu, first runner-up direbut Wali Kota Ghent, Belgium, Daniel Termon yang diberikan penghargaan the World Mayor Commendation for services to European cities. Nah, second runner up Tri Rismaharini mendapatkan the World Mayor Commendation for services to the City of Surabaya, Indonesia.

The City Mayor Foundation memandang Risma sebagai kepala daerah yang paling sering dibicarakan setelah Pemilu Presiden Joko Widodo. "Risma telah menarik perhatian nasional dan internasional dalam mempromosikan kebijakan sosial, ekonomi dan lingkungan dengan penuh semangat di Surabaya," terang situs worldmayor.com.

Sejak Risma terpilih sebagai Wali Kota pada 2010, Surabaya kini mempunyai 11 taman terbesar dengan berbagai tema. Beberapa di antaranya memiliki akses Wi-Fi dan perpustakaan serta fasilitas olahraga.

Surabaya juga dianggap berhasil menyediakan serapan air sehingga tidak terjadi banjir parah seperti Jakarta. "Sebuah kota harus menjadi rumah pertama dan utama bagi warganya," ujar Risma seperti yang dikutip dalam situs.

Situs tersebut juga mencatat dukungan Risma kepada keluarga korban pesawat Air Asia QZ 8501 yang terjatuh di Laut Jawa.

World Mayor adalah proyek yang disusun dan diorganisasi oleh the City Mayors Foundation yang bertujuan untuk mengangkat profil Wali Kota sedunia.

Termasuk juga memberikan penghargaan kepada mereka yang memiliki kontribusi kepada komunitas dan berkomitmen dalam kesejahteraan kota secara nasional dan internasional. Proyek ini dimulai pada 2004. Pada 2012, Jokowi, yang kini jadi Presiden RI, juga masuk posisi ketiga dalam pemeringkatan lemaga ini.

Selama Desember 2014, anggota The City Mayors Foundation memilih 10 nama dalam daftar wali kota terbaik. Ada 26 nominasi dengan 256.000 testimoni. Penentuan 10 besar wali kota terbaik diberikan oleh ribuan pendukung. Adapun, pertimbangan juri The World Mayor hanya pendukung kedua.

Juri memahami bahwa wali kota luar biasa dari kota tertentu di berbagai belahan dunia ketiga menghadapi tantangan dengan kualitas yang berbeda dibandingkan dengan wali kota di Eropa Barat atau Amerika Utara. Karena itu, pemenang World Mayor Prize tahunan tidak pernah digambarkan sebagai "Wali Kota Terbaik".

Selain tiga nama yang telah disebutkan, ada tujuh nama lain yang menjadi top 10 di antaranya Carlos Ocaris dari Sucre, Venezuela; Jed Patrick Mabilog dari Iloilo City, Filipina; Anniese Parker dari Houston, Amerika Serikat; dan Aziz Kocaoglu dari Izmir, Turki.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

walikota surabaya tri rismaharini

Sumber : tempo.co

Editor : Yusuf Waluyo Jati
Bagikan

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Lainnya

Berita Terkini

Terpopuler

Banner E-paper
back to top To top