Terkuak, Dilarang Selfie di Kamar Nyai Roro Kidul, Ini Alasannya

Terkuak, Dilarang Selfie di Kamar Nyai Roro Kidul, Ini Alasannya
Redaksi | 02 Februari 2015 21:30 WIB
Ilustrasi - www.nyairorokidul.com

Kabar24.com, JAKARTA - Manajemen Hotel Samudra Beach, Pelabuhan Ratu, Sukabumi, Jawa Barat, melarang pengunjung untuk mengambil foto di kamar 308. Kamar legendaris ini merupakan ruangan yang khusus diperuntukkan bagi Nyai Roro Kidul yang dipercaya sebagai penguasa Laut Selatan Jawa.

“Pihak manajemen memutuskan untuk melarang pengunjung untuk mengambil gambar,” kata Uspi Hendrik, pegawai hotel yang memandu Tempo mengunjungi kamar 308, 23 Januari 2015 lalu.

Kamar yang berisi replika lukisan Basoeki Abdullah itu, sebenarnya terbuka untuk umum. Mereka yang hendak berziarah, bisa membayar Rp 600 ribu untuk berdoa selama satu jam di dalam kamar ataupun Rp 25 ribu per orang untuk sekedar berkunjung.

“Awalnya sih kami mengizinkan pengunjung untuk berfoto,” kata Uspi. Namun, pihak hotel belakangan melarang pengambilan gambar di dalam kamar 308 itu.

“Ini karena ada shooting film. Waktu itu kru film tidak meminta izin terlebih dahulu pada kami untuk mengambil gambar isi kamar ini,” kata Hendrik. Film yang dimaksud Hendrik, yaitu film Kamar 308 yang dibintangi oleh Denny Sumargo dan Shandy Aulia. “Semenjak saat itu, manajemen hotel trauma,” kata Hendrik. Pengambilan gambar dengan berbagai peralatan, seperti telepon genggam ataupun kamera profesional tidak diperbolehkan lagi.

Hendrik tidak bisa memastikan sampai kapan larangan itu diberlakukan. Menurut dia, pihak hotel merasa dirugikan oleh pengambilan gambar tersebut. Manajemen hotel bahkan mengaku keberatan soal judul awal film Kamar 308 yang sebelumnya bernama Hotel Samudra. “Kami tidak mau kecolongan lagi pokoknya,” ujar dia.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :
cerita rakyat

Sumber : Tempo.co
Editor : Andhika Anggoro Wening

Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya



Top