Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

KPPU Panggil Pebisnis Logistik & Bahan Makanan

Komisi Pengawas Persaingan Usaha akan memanggil sejumlah pelaku usaha di bidang pengangkutan barang dan komoditas bahan makanan terkait harga barang kebutuhan pokok yang belum turun.
Rio Sandy Pradana
Rio Sandy Pradana - Bisnis.com 26 Januari 2015  |  22:15 WIB

Kabar24.com, JAKARTA--Komisi Pengawas Persaingan Usaha akan memanggil sejumlah pelaku usaha di bidang pengangkutan barang dan komoditas bahan makanan terkait harga barang kebutuhan pokok yang belum turun.

Ketua Komisi Pengawas Persaingan Usaha (KPPU) Nawir Messi mengatakan penurunan harga BBM oleh pemerintah sebanyak dua kali pada bulan ini seharusnya berbanding lurus dengan harga bahan pokok. Kenyataannya, harga di pasaran cenderung stagnan.

"Pekan ini kami akan melakukan pemanggilan kepada pelaku usaha terkait seperti jasa logistik dan bahan makanan," kata Nawir kepada wartawan, Senin (26/1/2015).

Pihaknya melihat adanya indikasi terjadinya pengaturan harga di pasar. Pelaku usaha tersebut akan dimintai keterangan untuk melihat stagnansi harga tersebut dari bermacam faktor.

Kendati demikian, KPPU memang belum mempunyai metode perhitungan untuk meyakinkan terkait harga ideal yang seharusnya muncul di pasar. Namun, harga saat ini dinilai tidak wajar.

Nawir menegaskan tugas monitoring harga bukan menjadi tugas pokok, tetapi untuk melihat adanya indikasi pengaturan pasar. Lembaga persaingan usaha tersebut khawatir momentum tersebut akan dimanfaatkan oleh pelaku usaha guna mengambil keuntungan.

"Idealnya kalau BBM turun, setidaknya harga bahan pokok dan angkutan juga turun beberapa persen," ujarnya.

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

hukum kppu
Editor : Rustam Agus

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!
To top