Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

KPPU Panggil Pebisnis Logistik & Bahan Makanan

Komisi Pengawas Persaingan Usaha akan memanggil sejumlah pelaku usaha di bidang pengangkutan barang dan komoditas bahan makanan terkait harga barang kebutuhan pokok yang belum turun.

Kabar24.com, JAKARTA--Komisi Pengawas Persaingan Usaha akan memanggil sejumlah pelaku usaha di bidang pengangkutan barang dan komoditas bahan makanan terkait harga barang kebutuhan pokok yang belum turun.

Ketua Komisi Pengawas Persaingan Usaha (KPPU) Nawir Messi mengatakan penurunan harga BBM oleh pemerintah sebanyak dua kali pada bulan ini seharusnya berbanding lurus dengan harga bahan pokok. Kenyataannya, harga di pasaran cenderung stagnan.

"Pekan ini kami akan melakukan pemanggilan kepada pelaku usaha terkait seperti jasa logistik dan bahan makanan," kata Nawir kepada wartawan, Senin (26/1/2015).

Pihaknya melihat adanya indikasi terjadinya pengaturan harga di pasar. Pelaku usaha tersebut akan dimintai keterangan untuk melihat stagnansi harga tersebut dari bermacam faktor.

Kendati demikian, KPPU memang belum mempunyai metode perhitungan untuk meyakinkan terkait harga ideal yang seharusnya muncul di pasar. Namun, harga saat ini dinilai tidak wajar.

Nawir menegaskan tugas monitoring harga bukan menjadi tugas pokok, tetapi untuk melihat adanya indikasi pengaturan pasar. Lembaga persaingan usaha tersebut khawatir momentum tersebut akan dimanfaatkan oleh pelaku usaha guna mengambil keuntungan.

"Idealnya kalau BBM turun, setidaknya harga bahan pokok dan angkutan juga turun beberapa persen," ujarnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Editor : Rustam Agus

Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper