Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Kunjungi India, Obama Bahas Sejumlah Agenda Penting

Presiden Amerika Serikat Barack Obama dijadwalkan akan menggelar pertemuan dua hari mulai besoki (26/1/2015) dengan rekannya PM Modi untuk membahas sejumlah kerjasama bilateral.
Dara Aziliya
Dara Aziliya - Bisnis.com 25 Januari 2015  |  19:20 WIB
Presiden AS Barack Obama dan Michelle Obama - Reuters
Presiden AS Barack Obama dan Michelle Obama - Reuters

Bisnis.com, NEW DELHI –  Presiden Amerika Serikat Barack Obama dijadwalkan akan menggelar pertemuan 2 hari mulai besok (26/1/2015) dengan rekannya PM Modi untuk membahas sejumlah kerjasama bilateral.

Ini merupakan kunjungan kedua Obama setelah Septeber lalu dia mengunjungi Modi. Pada pertemuan kali ini, keduanya dikabarkan akan fokus membahas mengenai pasokan tenaga nuklir AS ke India.

Obama juga akan menjadi pembicara utama pada AS-India Business Council Summit yang digelar di New Delhi hari ini. “Hubungan antara AS dan India akan menjadi salah satu hubungan paling erat abad ini,” kata Obama setibanya di New Delhi, Minggu (25/1/2015).

Adapun, AS dan India memiliki sejumlah kerjasama strategis, termasuk sektor perdagangan bilateral yang nilainya mencapai US$93 miliar tahun lalu. Selain kerjasama ekonomi, Obama dan Modi juga akan mendiskusikan kerjasama bidang pertahanan dan keamanan.

Isu keamanan yang didiskusikan antara lain yaitu penarikan tentara AS dari Iran dan Afghanistan.

Obama awalnya dijadwalkan berada di India hingga Rabu mendatang. Dia memutuskan untuk mempersingkat kunjungannya agar dapat segera terbang menuju  Arab Saudi untuk melayat Raja Abdullah yang wafat Jumat lalu dan mengunjungi Raja Salman, pengganti Raja Abullah.

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

obama india nuklir kementerian perdagangan

Sumber : Bloomberg

Editor : Fatkhul Maskur

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!
To top