Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Kubu Ical Pesimistis Penyatuan Personel Berjalan Lancar

Partai Golkar kubu Aburizal Bakrie (Ical) pesimistis perundingan islah yang akan membahas penyatuan personel dengan kubu Agung Laksono akan berjalan secara mulus.
Ketua Juru Runding Partai Golkar versi Munas Bali, M.S Hidayat./JIBI
Ketua Juru Runding Partai Golkar versi Munas Bali, M.S Hidayat./JIBI

Bisnis.com, JAKARTA -- Partai Golkar kubu Aburizal Bakrie (Ical) pesimistis perundingan islah yang akan membahas penyatuan personel dengan kubu Agung Laksono akan berjalan secara mulus.

MS Hidayat, ketua juru runding kubu Ical, mengatakan dalam perundingan yang semula dijadwalkan Rabu (21/1/2015), terpaksa diundur pada Kamis (22/1/2015) itu, tidak akan membahas lagi masalah penyatuan visi dan misi Golkar dari masing-masing kubu. "Mungkin, kami akan langsung membahas penyatuan personnel," katanya saat dihubungi, Rabu (21/1/2015).

Menurutnya, penyatuan personel itu akan menempuh jalan panjang. Selain Agung dan Ical yang masih sama-sama kukuh untuk menjabat sebagai ketua umum partai Golkar, ada ratusan kader yang jabatannya akan dipertaruhkan.

Saat ini, jelasnya, sesuai dengan hasil Munas IX Golkar Bali yang digelar Ical Cs menghasilkan 300 struktur kepengurusan. Adapun Munas IX Golkar Jakarta menghasilkan 258 struktur kepengurusan. "Jadi tidak akan mudah. Mungkin, untuk jabatan ketua umum, kami tunggu putusan pengadilan saja karena untuk jabatan ketua umum hanya bisa diisi satu orang saja."

Hingga saat ini, papar Hidayat, belum ada kesepakatan pembicaraan mendalam perihal ketua umum dengan kubu Agung. Meski demikian, Hidayat mengaku sempat berbicara dengan Agung perihal kabar yang menyatakan Agung mau mengalah dengan Ical jika Golkar menyatakan keluar dari Koalisi Merah Putih (KMP).

"Namun jelas, Agung menampik deal itu. Jadi, untuk jabatan ketua umum, baik Agung maupun Ical masih kukuh memegang prinsip masing-masing. Kita tidak bisa mengubah pendapat mereka. Juru runding akan melakukan semampunya," kata mantan Menteri Perindustrian Kabinet Indonesia Bersatu itu.

Hal senada diungkap oleh Zainuddin Amali, Sekretaris Jenderal kubu Agung. "Hal yang paling sulit dalam penyatuan personnel itu adalah menentukan siapa ketua umumnya," kata politikus Golkar yang pernah dipecat Ical itu.

Meski demikian, baik Hidayat maupun Amali yakin bahwa islah Golkar akan segera tercapai dengan sejumlah kesepakatan. "Kita jalani saja sesuai mekanismenya."([email protected])

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper