Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Ada Cara Baru Nonton Bioskop Bagi Penyandang Tunanetra

Think, Web dan Fency menawarkan cara baru menonton film khusus untuk penyandang tunanetra di Galeri Indonesia Kaya melalui bioskop bisik. Kegiatan ini dilakukan agar masyarakat dari kalangan tunanetra dapat menikmati sebuah film secara utuh melalui membisikkan deskripsi adegan dan alur cerita.
ilustrasi/bisnis.com
ilustrasi/bisnis.com

Bisnis.com,Jakarta - Think, Web dan Fency menawarkan cara baru menonton film khusus untuk penyandang tunanetra di Galeri Indonesia Kaya melalui bioskop bisik. Kegiatan ini dilakukan agar masyarakat dari kalangan tunanetra dapat menikmati sebuah film secara utuh melalui membisikkan deskripsi adegan dan alur cerita.

Dengan begitu, penonton tunanetra dapat mengerti dan memahami serta merasakan emosi yang ada didalam film tersebut. Selain itu, mereka diharapkan dapat merasakan sensasi audiovisual yang ditampilkan dalam sebuah film.

Untuk kali ini, bioskop bisik mengangkat film Janji Joni karya Joko Anwar yang disutradai oleh Nia Dinata dan dibintangi oleh artis ternama Indonesia a.l. Nicholas Saputra, Mariana Renata, Rachel Maryam, Gito Rollieas,Surya Saputra hingga Fedi Nuril.

Film ini mengisahkan tentang seorang pengantar roll film bernama Joni yang diperankan Nicholas Saputra yang memiliki track record  sempurna dalam pekerjaannya dengan tidak pernah telag selama menjalani pekerjaan tersebut.

Sutrada Film Janji Joni, Joko Anwar mengatakan sambutan pada pemutaran film kali ini sangat berbeda. Antusiasme yang ditunjukkan dari para penyandang tunanetra diklaimnya sangat luar biasa.

"Ini sangat menyentuh saya," tuturnya dalam keterangan pers yang diterima, Senin (19/1/2015).

Menurut Joko, pengalaman ini membuka pandangannya mengenai bagaimana masyarakat kalangan tunanetra berusaha menikmati sebuah film dengan memvisualisasikan suara yang didengarnya.

Bambang dari Yayasan Mitra Netra mengatakan sekitar 50 tunanetra diajak untuk mengikuti bioskop bisik dan menikmati film dengan cara yang berbeda.

"Saya sangat berterimakasih kepada Galeri Indonesia dan penyelenggara," tuturnya.

Menurut Bambang, biasanya kalangan tunanetra hanya berkumpul dengan teman-teman sesama tunanetra dan yang dibicarakan hanya itu saja tidak ada yang berbeda, dan ketika membicarakan film kami terkendala karena nyaris tidak pernah menikmati film secara utuh.

"Namun, dengan adanya bioskop bisik ini mereka bisa terbantu untuk menikmati film secara utuh," katanya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Fitri Rachmawati
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper