Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Ya Ampun, BG Simpan Ganja Seberat 35 Kg di Jaktim

Seorang buruh pasar Kramat Jati menyimpan daun ganja seberat 35 kilogram lebih di kamar yang disewanya di permukiman padat penduduk Kramat Jati, Jakarta Timur.
Ladang ganja/bisnis.com
Ladang ganja/bisnis.com

Bisnis.com, Jakarta - Seorang buruh pasar Kramat Jati menyimpan daun ganja seberat 35 kilogram lebih di kamar yang disewanya di permukiman padat penduduk Kramat Jati, Jakarta Timur.

"Pada 1 Januari 2015, kami mengamankan pria berinisial MU alias BG yang menyembunyikan ganja seberat 35.590 gram di kamar kosnya," kata Kepala Bagian Humas Badan Narkotika Nasional (BNN) Kombes Pol Sumirat Dwiyanto di gedung BNN Jakarta, seperti dikutip dari Antara, Jumat (16/1/2015).

Barang bukti yang dikemas dalam kardus rokok tersebut disembunyikan di dalam sebuah lemari pakaian di kontrakannya.

Dalam kardus tersebut, kata Sumirat, terdapat 16 bungkus daun ganja seberat 15.899,72 gram dan 21 bungkus ganja seberat 19.690,7 gram.

Menurut keterangan tersangka, lanjut Sumirat, dia diperintahkan oleh seseorang berinsial SU untuk menyimpan barang tersebut di kontrakannya.

"SU sekarang masuk DPO (daftar pencarian orang)," katanya.

Dari pengakuan tersangka, SU yang merupakan keponakannya baru sekali mengirim dan menitipkan barang tersebut di kontrakan MU. Sedangkan MU hanya bertugas menjaga barang dan menunggu perintah selanjutnya.

Anggota keluarga yang tinggal bersama MU di kontrakannya mengaku tidak menaruh curiga terhadap barang yang dititipkan.

Kepada petugas MU mengaku hanya menjaga barang dan tidak mengonsumsinya. MU juga mengatakan dia mau menjaga puluhan kilogram ganja karena sebagai balas budi kepada SU yang pernah menanggung biaya pengobatan istrinya sewaktu menjalani perawatan di rumah sakit.

Atas perbutannya tersebut MU terancam Pasal 112 ayat (2), Pasal 114 ayat (2) Jo Pasal 132 Undang-undang Nomor 35 tahun 2009 tentang Narkotikan dengan ancaman hukuman maksimal pidana mati atau penjara seumur hidup.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Redaksi
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper