Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Pegadaian Manado Perkirakan Outstanding Pembiayaan Turun

PT Pegadaian (Persero) Kantor Wilayah V Manado memprediksi terjadi penurunan penyaluran pembiayaan sepanjang bulan ini karena bertepatan dengan perayaan Hari Natal dan persiapan Tahun Baru 2015.
Kantor pegadaian. Outstanding pembiayaan di Manado diperkirakan turun/Bisnis
Kantor pegadaian. Outstanding pembiayaan di Manado diperkirakan turun/Bisnis

Bisnis.com, MANADO—PT Pegadaian (Persero) Kantor Wilayah V Manado memprediksi terjadi penurunan penyaluran pembiayaan sepanjang bulan ini karena bertepatan dengan perayaan Hari Natal dan persiapan Tahun Baru 2015.

Pimpinan Wilayah Pegadaian Manado Marshall Aritonang mengatakan sebagian besar nasabah di wilayah kerja yang dipimpinnya menebus barang-barang yang digadaikannya untuk dipakai pada dua momen tersebut.

“Setiap tahun, tren di sini selalu begitu saat menjelang Natal dan Tahun Baru. Outstanding loan biasanya turun sekitar 10%,” tuturnya kepada Bisnis, Kamis (11/12/2014).

Sebagai informasi, Pegadaian Kantor Wilayah V Manado memiliki enam area kerja, mulai dari Sulawesi Utara, Sulawesi Tengah, Gorontalo, Maluku Utara, Papua, hingga Papua Barat.

Menurut Marshall, mayoritas masyarakat di wilayah kerjanya merayakan Natal dan Tahun Baru, terutama masyarakat Sulawesi Utara, Papua, dan Papua Barat. Pada momen tersebut, barang yang digadaikan, seperti emas, cenderung dipakai untuk acara kebaktian sehingga nasabah berbondong-bondong menebusnya di Pegadaian.

“Ini tren unik di wilayah kerja kami. Saat Pegadaian wilayah kerja lain cenderung stabil, outstanding kami di sini malah turun setiap akhir tahun,” tuturnya.

Meskipun tren akhir tahun sering turun, dia optimistis penyaluran pembiayaan bisa digenjot pada Januari hingga Maret 2015.

Pada tiga bulan itu, mayoritas nasabah biasanya menggadaikan kembali barangnya karena sudah tidak terlalu diperlukan.

Dia menjelaskan Pegadaian Kantor Wilayah V Manado mencatatkan penyaluran pembiayaan (outstanding loan) sebesar Rp2,05 triliun hingga Oktober 2014 atau baru terealisasi 82,32% dari target outstanding sepanjang tahun ini Rp2,5 triliun.

Marshall mengakui terjadinya perlambatan penyaluran pembiayaan akibat dari pengaruh kondisi makroekonomi yang memengaruhi daya beli masyarakat.

Menurutnya, faktor utama terjadinya perlambatan itu adalah harga emas yang berada di bawah ekspektasi awal perseroan.

“Saat pembuatan RKAP [rencana kerja dan anggaran perusahaan] tahun lalu, harga emas berada di kisaran Rp500.000 per gram, tetapi sekarang di bawah itu,” katanya.

Kondisi tersebut, ungkap Marshall, berimbas pada kinerja perusahaan yang tidak terlalu cemerlang. Dari segi laba bersih, Pegadaian Manado membukukan Rp162 miliar sepanjang 10 bulan pertama tahun ini atau turun 11,04% dibandingkan dengan realisasi Oktober tahun lalu sebesar Rp182,12 miliar.

Dia menjelaskan pencapaian laba bersih itu baru terealisasi 58,69% dari target hingga akhir tahun sebesar Rp276 miliar.

Menurut Marshall, pada 6 bulan pertama tahun ini Pegadaian Manado masih fokus melakukan reorganisasi sehingga belum gencar melakukan pemasaran produk.

Hal itu dilakukan dengan cara meningkatkan status kepala cabang menjadi deputi dan memberikan kewenangan lebih kepada setiap cabang untuk mencapai target bisnis.

Selain itu, perseroan akan menggunakan jurus “jemput bola” pada 6 bulan kedua tahun ini karena reorganisasi manajemen dan sistem telah berjalan dengan baik.

“Strategi jemput bola dilakukan dengan menyasar komunitas-komunitas agama, profesi, dan lainnya,” tegasnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Herdiyan
Editor : Ismail Fahmi
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper