Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Sejak Diterapkan Klasterisasi, Arus Petikemas Terminal Berlian Tanjung Perak Capai 1 Juta Teus

Arus peti kemas di Terminal Berlian Pelabuhan Tanjung Perak Surabaya Jawa Timur telah mencapai 1 juta teus sejak diterapkannya klasterisasi atau penataan ruang bongkar muat.
Ilustrasi/Bisnis.com
Ilustrasi/Bisnis.com

Bisnis.com, SURABAYA - Arus peti kemas di Terminal Berlian Pelabuhan Tanjung Perak Surabaya Jawa Timur telah mencapai 1 juta teus sejak diterapkannya klasterisasi atau penataan ruang bongkar muat.

Direktur Utama PT Pelabuhan Indonesia (Pelindo) III Djarwo Surjanto mengatakan program klasterisasi terminal di Pelabuhan Tanjung Perak tidak hanya dilakukan di terminal Berlian, tetapi juga dilakukan di Terminal Jamrud Utara yang khusus untuk kegiatan bongkar muat curah kering dan general cargo internasional.

"Sedangkan Terminal Mirah untuk kegiatan general cargo domestik, roro terminal dan project cargo, sementara Terminal Nilam digunakan untuk petikemas domestik, curah cair dan general cargo," ujarnya dalam siaran pers yang diterima Bisnis, Rabu (26/11/2014).

Dia mengatakan tercapainya arus petikemas 1 juta teus tersebut ditandai dengan sandarnya Kapal Mentaya River rute Banjarmasin-Surabaya di Dermaga Berlian Timur pada Minggu (23/11/2014).

"Jumlah yang signifikan ini diraih selama konsistensi 13 tahun pengoperasian Terminal Berlian oleh PT Berlian Jasa Terminal Indonesia," imbuhnya.

Djarwo menambahkan, dengan membuat klasterisasi tersebut, Pelindo III menargetkan arus peti kemas hingga akhir tahun ini bisa mencapai 3 juta teus.

"Untuk mempercepat dan meningkatkan arus petikemas, kami siap membantu untuk memberi masukan kepada pemeritah sebagai regulator untuk mempermudah peraturan logistik," imbuhnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Peni Widarti
Editor : Sepudin Zuhri
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper