Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

HM Prasetyo Sudah Siap Dilantik, Tapi Harus Nunggu Jokowi 1 Jam, Ada Apa Ya?

Pelantikan Jaksa Agung HM Prasetyo di Istana Negara sempat tertunda 1,5 jam dari jadwal semula pukul 14.00 WIB menjadi pukul 15.00 WIB.
Pelantikan Jaksa Agung HM Prasetyo.
Pelantikan Jaksa Agung HM Prasetyo.

Bisnis.com, JAKARTA - Pelantikan Jaksa Agung HM Prasetyo di Istana Negara sempat tertunda 1,5 jam dari jadwal semula pukul 14.00 WIB menjadi pukul 15.00 WIB.

Jokowi melantik Jaksa Agung pada hari ini, Kamis (20/11/2014).

Ketika pukul 14.00 WIB, protokol melalui pengeras suara memberitahukan bahwa pelantikan segera dimulai. Prasetyo yang mengenakan seragam Kejaksaan Agung telah bersiap diambil sumpah dengan berdidi di depan pengeras suara. Sementara itu, tamu undangan lain sudah jejer rapi di tepi ruang Istana Negara.

Sekitar 10 menit, mereka tetap berdiri tegak menyambut Presiden yang akan melantik. Tapi, Presiden yang dinantikan tidak kunjung datamg. Prasetyo menepi untuk menemui koleganya dan terlihat asyik berbincang. Menkopolhukam Tedjo Edhy Purdianto pun ikut nimbrung dalam obrolan itu.

Pukul 15.30 WIB, tanda-tanda pelantikan akan dimulai sudah terlihat. Paspampres bersiap untuk menyambut Presiden dan Wapres. Segala peralatan dicek kembali untuk memastikan tidak ada masalah. Pelantikan dan pemberian ucapan pun beres dalam waktu 30 menit.

Sekretaris Kabinet Andi Widjajanto mengatakan Presiden meminta pelantikan Jaksa Agung diundur karena sedang menerima sukarelawan dengan agenda dialog dan makan siang. Sukarelawan tampak antusias dengan dialog tersebut.

"Presiden menerima relawan ada makan siang, dialog Presiden dengan relawan menjelaskan kebijakan Presiden dan relawan antusias. Presiden meminta diundur," kata Andi seusai pelantikan di Istana Negara, Kamis (20/11/2014).

Jaksa Agung HM Prasetyo menggantikan Basrief Agung. Proses dari penandatanganan Kepres hingga pelantikan berlangsung singkat kurang dari satu hari. Kepres pengangkatan Prasetyo bernomor 131 Tahun 2014 ditandatangani Presiden Kamis 20 November 2014 pagi. Prasetyo mundur dari Nasdem pukul 11.00 WIB dan dilantik pukul 15.30 WIB.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Akhirul Anwar
Editor : Sepudin Zuhri
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper