Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

E-KTP: Pemkab Bangka Akan Cetak KTP Elektronik Sendiri

Pemerintah Kabupaten Bangka, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, direncanakan awal 2015 sudah siap melakukan pencetakan kartu tanda penduduk elektronik sendiri.
Ilustrasi
Ilustrasi

Bisnis.com, SUNGAILIAT -- Warga Kabupaten Bangka dalam waktu tak lama lagi tidak harus menunggu proses pembuatan e-KTP dari pemerintah pusat.   

Pemerintah Kabupaten Bangka, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, melalui dinas terkait direncanakan awal 2015 sudah siap melakukan pencetakan kartu tanda penduduk elektronik atau e-KTP sendiri.

"Awal 2015 kami siap melakukan pencetakan KTP elektronik sendiri karena mulai dari peralatan dan tenaga teknis atau sumber daya manusianya juga sudah disiapkan," kata Kepala Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil Kabupaten Bangka, Rahmat Gunawan di Sungailiat, Sabtu (8/11/2014).

Dengan mencetak sendiri, kata dia, akan mempercepat pelayanan pembuatan KTP bagi masyarakat.

Pencetakan KTP elektronik selama ini ditangani pemerintah pusat melalui kementerian berwenang.

"Kami hanya melakukan entri data atau perekaman data kependudukan dan hasilnya dikirim ke pusat untuk dicetak," katanya.

Sebenarnya, kata dia, sekarangpun pihaknya sudah bisa mencetak e-KTP sendiri karena segala sesuatunya sudah disediakan.

Hanya saja blangkonya yang belum ada mengingat bahan ini dikirim dari pusat dan sampai sekarang belum ada.

"Kami sebenarnya sudah siap mencetak KTP elektronik namun blangko yang dibutuhkan belum tersedia atau belum dikirim dari pusat. Pembuatan blangko dan pengirimannya ke daerah adalah kewenangan pemerintah pusat," ujarnya.

Sementara jumlah wajib KTP di Kabupaten Bangka mencapai sebanyak 230.941 orang, sedangkan yang belum melakukan perekaman data kurang dari 50.000 orang atau pelayanan pembuatan KTP elektronik sudah mencapai lebih dari 80%.

"Saya imbau kepada seluruh masyarakat wajib KTP yang belum melakukan perekaman data hendaknya segera melakukannya di kantor kecamatan masing-masing karena ditargetkan akhir 2014, perekaman data kependudukan sudah selesai," ujarnya.

Pihaknya juga mengharapkan peran serta ketua RW dan RT di seluruh desa dan kelurahan untuk menyampaikan hal tersebut kepada warganya yang belum melakukan perekaman data. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : News Editor
Editor : Saeno
Sumber : Antara

Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper