Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Tagih Komitmen Presiden Jokowi, Buruh Demo 4 November & 10 November

Konfederasi Serikat Buruh Sejahtera Indonesia (KSBSI) menagih komitmen Presiden RI Joko Widodo dengan menggelar demo nasional bersama serikat buruh lainnya di beberapa tempat DKI Jakarta, 4 November dan 10 November.

Bisnis.com, JAKARTA - Konfederasi Serikat Buruh Sejahtera Indonesia (KSBSI) menagih komitmen Presiden RI Joko Widodo dengan menggelar demo nasional bersama serikat buruh lainnya di beberapa tempat DKI Jakarta, 4 November dan 10 November.

"Kemungkinan aksi dilakukan di depan Istana Merdeka untuk menagih janji Presiden Jokowi atas komitmennya terkait tiga pilar kesejahteraan buruh berupa penghidupan layak, pekerjaan layak, dan upah layak," kata Presiden KSBSI, Mudhofir.

Sebelumnya, buruh telah mengajukan tuntutan kepada Plt. Gubernur DKI Jakarta Basuki Thahja Purnama (Ahok) untuk menaikkan UMP DKI Jakarta sebesar Rp3.200.000 per bulan.

Jika tuntutan itu tidak dipenuhi, dia menegaskan KSBSI bersama elemen buruh lainnya akan melakukan tahapan aksi-aksi.

Mudhofir mengemukakan dalam memperjuangan tuntutan itu, pihaknya akan gencar melakukan konsolidasi bersama dua konfederasi buruh besar lainnya, KSPI dan KSPSI, untuk menyamakan persepsi dengan menggelar aksi mogok nasional.

"Prinsip kami jika untuk kepentingan bersama, tidak menutup kemungkinan akan bersama-sama lagi dan akan satu suara melakukan mogok nasional".

Dia menyebutkan tahapan aksi buruh pada tanggal 4 November, yakni mendatangi tiga titik sasaran, yaitu Kantor Gubernur DKI Jakarta, DPRD Jakarta, dan Dinas Ketenagakerjaan dan Transmigrasi DKI Jakarta.

Pada 10 November, para buruh akan menyambangi Kementerian Tenaga Kerja dan Transmigrasi. (ant/yus)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : News Editor
Editor : Yusran Yunus
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper