Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Sido Muncul Bangun Hotel Bintang 5 Di Semarang

PT Sido Muncul, grup perusahaan yang bergerak di bidang produksi jamu tradisional asal Yogyakarta, akan memperluas sayap bisnisnya dengan membangun hotel bintang 5 di Semarang, Jateng, tahun depan.
Presiden Direktur Sido Muncul Irwan Hidayat./JIBI
Presiden Direktur Sido Muncul Irwan Hidayat./JIBI

Bisnis.com, JOGJA  -- PT Sido Muncul, grup perusahaan yang bergerak di bidang produksi jamu tradisional asal Yogyakarta, akan memperluas sayap bisnisnya dengan membangun hotel bintang 5 di Semarang, Jateng, tahun depan.

Hal itu dikemukakan Presiden Direktur Sido Muncul Irwan Hidayat kepada Harian Jogja saat bertemu di Hotel Tentrem Yogyakarta, Kamis (23/10).

Hotel yang akan diberinama Hotel Tentrem Semarang tersebut merupakan yang kedua setelah Grup Sido Muncul membangun hotel bintang 5 pertama di Yogyakarta.

"Ini kan yang pertama. Nanti kami bangun lagi di Semarang. Tahun depan groundbreaking-nya. Mulai beroperasi sekitar 2016," ujarnya.

Hanya saja, Irwan enggan menyebutkan nilai investasi yang ia keluarkan untuk membangun hotel yang akan dilengkapi dengan mall dan apartemen tersebut.

"Yang jelas, tidak semahal membangun yang ini [Hotel Tentrem Yogyakarta]. Sekarang kan kami lebih berpengalaman [membangun hotel]," ujarnya.

Untuk hotel tersebut, dia menjanjikan akan mengaplikasikan citarasa kebudayaan lokal yang kuat sebagaimana yang diterapkan pada Hotel Tentrem Yogyakarta.

PR Manager Hotel Tentrem Yogyakarta Nike Aristya menambahkan aspek historis merupakan salah satu alasan dibalik rencana pengembangan Hotel Tentrem Semarang.

Dari sisi bisnis, ujarnya, tingkat hunian hotel di Semarang sebetulnya tidak setinggi Jogja. Dia menyebutkan rata-rata tingkat hunian hotel di Semarang hanya di kisaran 50% karena sektor pariwisata di wilayah tersebut belum terlalu berkembang. Namun demikian, pihaknya optimistis terhadap potensi bisnis sektor pariwisata setempat ke depan.

"Kami di Semarang tidak hanya membangun hotel tetapi juga disinergikan dengan mall dan apartemen. Kami optimis itu akan mendorong sektor pariwisata setempat dan menarik kunjungan," katanya.

Dia mengatakan Hotel Tentrem merupakan jejaring hotel bintang 5 yang mengedepankan kualitas pelayanan.

"Kami terus memberikan servis melebihi ekspektasi tamu. Terus berinovasi dalam produk agar tidak monoton. Terus berganti menu breakfast, spa dan lainnya," katanya.

Saat ini, Hotel Tentrem baru beroperasi di Jogja dengan total jumlah kamar mencapai 273 unit kamar. Rata-rata tingkat hunian hotel yang mulai beroperasi pada 1 Januari 2013 itu dalam setahun terakhir berkisar di antara 60%-70%.

Meskipun sebagian besar tamu hotel tersebut adalah wisatawan atau pengunjung lokal, namun pihaknya sudah mulai kedatangan tamu dari luar Negeri, khususnya Asia.

"Beberapa market seperti China, Jepang, dan Korea sudah mulai datang dalam bentuk grup," katanya.


Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : Anggi Oktarinda

Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper