Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Museum tsunami di Aceh/JIBI
Museum tsunami di Aceh/JIBI

Bisnis.com, BANDA ACEH--Gampong Punge Blang Cut, salah satu kampung di Kecamatan Jaya Baru, Aceh berhasil masuk menjadi salah satu Desa Wisata 2014. Gamping ini merupakan tempat parkir Kapal PLTD Apung milik PLN pasca tsunami.

Berdasarkan keterangan resmi yang diterima Bisnis, Kamis (2/10/2014), penghargaan Desa Wista 2014 tersebut diberikan langsung oleh Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Mari Elka Pangestu dalam perayaan Hari Pariwisata Dunia.

Adapun, Gampong Punge Blang Cut berada di posisi kesembilan dari 10 Desa Wisata 2014. Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Aceh Reza Pahlevi menuturkan titik berat penilaian pemilihan Desa Wisata ada pada keterlibatan kelompok masyarakat setempat untuk mengembangkan pariwisata di desanya.

"Saya berterima kasih kepada masyarakat Gampong Punge Blang Cut. Insya Allah suatu saat tak hanya berada di posisi kesembilan tapi juga bisa menyabet predikat terbaik pertama," ujar Reza.

Lebih lanjut, Reza mengatakan pihaknya akan terus membina dan memberi penyuluhan terhadap pengembangan potensi wisata di beberapa gampong (desa) di Aceh.

Desa Wisata merupakan penghargaan kepada 10 desa terpilih penerima bantuan PNPM Mandri Pariwisata. Penyaluran bantuan tersebut ditujukan pada daerah yang memiliki unsur daya tarik wisata, usaha pariwisata, atau industri kreatif.

PNPM Mandiri Pariwisata telah dimulai sejak 2009 yang melibatkan 104 desa, pada 2010 200 desa, pada 2011 569 desa, pada 2012 978 desa, dan pada tahun lalu mencapai 980 desa. Adapun, pada tahun ini realisasi penyaluran bantuan baru di 45 desa.

Berikut 10 Desa Wisata 2014 :
1. Desa Dieng Kulon, Kabupaten Banjarnegara, Jawa Tengah
2. Desa Penglipuran, Kabupaten Bangli, Bali
3. Desa Gubug Klakah, Kabupaten Malang, Jawa Timur
4. Desa Kaliburu, Kabupaten Kulonprogo, D I Yogyakarta
5. Kelurahan Bagak Sahwa, Kota Singkawang, KalimantanBarat
6. Desa Wukirsari, Kabupaten Bantul, D I Yogyakarta
7. Desa Sawarna, Kabupaten Lebak, Banten
8. Desa Poncokusumo, Kabupaten Malang, Jawa Timur
9. Gampong Punge Blang Cut, Kota Banda Aceh, Aceh
10. Desa kaligono, Kabupaten Purworejo, Jawa Tengah

Sumber: Pemprov Aceh

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Editor : Ismail Fahmi

Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper