DPD Pilih Pimpinan Sore Ini, Persaingan Mulai Memanas

Setelah rapat paripurna Dewan Perwakilan Daerah (DPD) kemarin berhasil mencapai kesepakatan soal tata cara pemilihan pimpinan, sore ini, Kamis (2/10/2014) para anggota lembaga tinggi negara itu akan mementukan siapa pemimpin mereka.
DPD Pilih Pimpinan Sore Ini, Persaingan Mulai Memanas John Andhi Oktaveri | 02 Oktober 2014 14:42 WIB

Bisnis.com, JAKARTA—Setelah rapat paripurna Dewan Perwakilan Daerah (DPD) kemarin berhasil mencapai kesepakatan soal tata cara pemilihan pimpinan, sore ini, Kamis (2/10/2014) para anggota lembaga tinggi negara itu akan mementukan saipa pemimpin mereka.

Menurut mantan Ketua DPD Irman Gusman, mekanisme pemilihan akan dilakukan berdasarkan aturan yang sudah diputuskan tadi malam. DPD, ujarnya, akan kembali menggunakan Peraturan DPD nomor 1 Tahun 2014 tentang Tata Tertib pemilihan pimpinan dengan tiga prinsip. 

"Prinsip pertama adalah harus mencerminkan keterwakilan wilayah. Kedua, mendahulukan musyawarah untuk mufakat dan ketiga memperhatikan keterwakilan perempuan," ujarnya di Kompleks Parlemen, Kamis (2/10/2014).

Lebih jauh dia menjelaskan bahwa anggota yang maju sebagai bakal calon Pimpinan DPD sedikitnya didukung oleh lima orang anggota. Lima anggota itu, ujarnya, berasal dari tiga provinsi dari wilayah yang sama dengan bakal calon Pimpinan DPD.

Tiga pimpinan DPD tersebut nantinya akan berasal dari wilayah Indonesia Timur, Tengah, dan Barat, ujarnya.

"Misalnya saya dari wilayah Barat, lalu di Tengah ada Bu Ratu Hemas, lalu wilayah Timur ada Nono Sampono, Gede Pasek Suardika, dan lainnya," ujarnya.

Sejauh ini nama-nama yang disebut-sebut mencalonkan diri untuk menjadi pimpinan DPD termasuk Oesman Sapta Odang, Farouk Muhammad dan Intsiawati Ayus.

Sesuai rencana, pemilihan pimpinan DPD akan dilakukan pukul 14:00 WIB hari ini, namun hingga kini peserta rapat masih belum kuorum sehingga pimpinan sdiang masih menunggu peserta lainnya.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :
dpd, irman gusman

Editor :

Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya



Top