Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

JOKOWI: Menteri ESDM Hanya Modal Jujur Bakal Terguling dalam 2 Pekan

Presiden terpilih Joko Widodo mengaku kesusahan mendapatkan sosok yang tepat untuk menduduki jabatan di sektor energi, seperti Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) hingga Satuan Kerja Khusus Pelaksana Usaha Hulu Migas (SKK Migas).
Jokowi & JK/Bisnis.com
Jokowi & JK/Bisnis.com

Bisnis.com, DENPASAR - Presiden terpilih Joko Widodo mengaku kesusahan mendapatkan sosok yang tepat untuk menduduki jabatan di sektor energi, seperti Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) hingga Satuan Kerja Khusus Pelaksana Usaha Hulu Migas (SKK Migas).

Menurutnya, kriteria orang yang akan ditempatkan dalam posisi itu harus karakter kuat dan berani, berintegritas serta mengerti masalah kontrak karya. Sosok dengan kriteria itu dibutuhkan untuk melawan mafia migas yang menyebabkan beban APBN membengkak.

“Modal jujur saja tidak cukup. Sudah banyak orang jujur di situ yang terguling. Kalau hanya jujur, paling seminggu dua minggu saja,” tuturnya dalam acara pertemuan nasional aktivis 98 di Kuta, Kabupaten Badung, Sabtu (27/9/2014).

Jokowi menegaskan untuk posisi Menteri ESDM harus diisi oleh orang professional non partai politik. Secara terus terang dia mengakui nama Ketua Umum Asosiasi Pengusaha Mineral Indonesia Poltak Sitanggang masuk dalam bursa yang dia terima dari tim transisi.

Namun, dia memastikan sampai saat ini belum memutuskan sosok yang mengisi jabatan yang sebelumnya diisi oleh Jero Wacik yang sudah ditetapkan tersangka oleh KPK itu.

“Itu [pos kementerian ESDM dan Pertamina] mengurusi uang yang keluar masuk ratusan triliun, kalau biasanya memegang uang sejuta dua juta, terus memegang triliunan rupiah kalau tidak kuat akan susah,” tuturnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Feri Kristianto
Editor : Sepudin Zuhri
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper