Cari berita
Bisnis.com

Konten Premium

Bisnis Plus bisnismuda Koran Bisnis Indonesia tokotbisnis Epaper Bisnis Indonesia Konten Interaktif Bisnis Indonesia Group Bisnis Grafik bisnis tv

UNIVERSITAS BUDI LUHUR: Pembangunan Budaya Kunci Persatuan Indonesia

Kepala Pusat Kajian Universitas Budi Luhur Rusdyanta mengatakan guna menyatukan segala perbedaan dalam kehidupan bermasyarakat, Indonesia harus melakukan pembangunan pada sektor budaya.
Muhammad Abdi Amna
Muhammad Abdi Amna - Bisnis.com 26 September 2014  |  16:50 WIB
UNIVERSITAS BUDI LUHUR: Pembangunan Budaya Kunci Persatuan Indonesia
Karnaval Budaya Lovely Desember. - Antara
Bagikan

Bisnis.com, SERANG—Kepala Pusat Kajian Universitas Budi Luhur Rusdyanta mengatakan guna menyatukan segala perbedaan dalam kehidupan bermasyarakat, Indonesia harus melakukan pembangunan pada sektor budaya.

"Peran budaya sangat penting dalam mempersatukan masyarakat Indonesia yang majemuk dan kerap berbeda pendapat," kata Rusdyanta dalam keterangan resmi, Jumat (26/9/2014).

Menurutnya, langkah awal yang harus dilakukan dalam mengaktualisasi konsep kebangsaan yakni dengan memupuk pendekatan budaya.

Kendati Indonesia memiliki banyak budaya di tiap daerah, namun nilai-nilai yang tertanam dalam diri masyarakat relatif sama dari Sabang sampai Merauke.

"Khususnya di antara generasi muda, pluralisme lebih baik dikembangkan melalui pendekatan budaya," tegasnya.

One Krisnata, Wakil Ketua Yayasan Pendidikan Budi Luhur Cakti, menambahkan perguruan tinggi memiliki peran untuk menyatukan perbedaan pendapat dalam kehidupan bermasyarakat.

Pasalnya, lingkungan kampus merupakan ruang bagi setiap individu yang datang dari berbagai latar belakang budaya, etnis, ras dan agama bertemu dan saling berinteraksi.

Oleh karena itu, tuturnya, perlu dilakukan dialog multikultur guna membina mahasiswa untuk saling menghormati dan menghargai perbedaan dalam kehidupan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

universitas budaya
Editor : Fatkhul Maskur
Bagikan

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Lainnya

Berita Terkini

Terpopuler

Banner E-paper
back to top To top