Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

KABINET JOKOWI-JK: Menteri ESDM Diminta Bukan Bagian dari Kartel Migas Global

Kementerian ESDM saat ini menjadi sorotan publik setelah menteri Jero Wacik ditetapkan sebagai tersangka dalam kasus korupsi.
Ilustrasi/Bisnis.com
Ilustrasi/Bisnis.com

Bisnis.com, JAKARTA - Kementerian ESDM saat ini menjadi sorotan publik setelah menteri Jero Wacik ditetapkan sebagai tersangka dalam kasus korupsi.

Tentu saja, banyak pihak berharap ada pemimpin baru yang selain tegas juga tidak terikat dengan masalah masa lalu.

Oleh karena itu, sejumlah nama-nama yang santer disebut akan menjadi pengganti Jero Wacik harus disoroti.

Direktur Eksekutif Indonesia Mining and Energy Studies (IMES) Erwin Usman menilai sejumlah nama seperti Kuntoro Mangkusubroto, Ari Soemarno, Purnomo Yusgiantoro, Raden Priyono, dan Darwin Silalahi, tidak layak menduduki posisi Menteri ESDM.

Kuntoro adalah menteri ESDM masa orde baru, Ari Soemarno adalah mantan Dirut Pertamina dan Raden Priyono adalah mantan Kepala BP Migas.

"Kuntoro, Purnomo, Raden Priyono, sederhananya itu merupakan nama-nama dalam bagian integral rusaknya tata migas tata kelola energi nasional," tegas Erwin saat dihubungi wartawan, Senin (22/9/2014).

Dia menambahkan nama-nama itu sebelumnya sudah diberi kesempatan oleh konstitusi untuk menata ulang, memperbaiki tata kelola migas. Namun faktanya, justru ketika mereka menjabat, mafia migas makin menggurita dalam sistem ekonomi politik.

“Dengan alasan itu, maka mereka tidak usah dilibatkan lagi dalam agenda reformasi tata kelola migas yang akan dijalankan Jokowi JK,” tegasnya.

Adapun, Darwin Silalahi adalah CEO Shell Indonesia. Menurut Erwin, Darwin dikhawatirkan merupakan perpanjangan tangan dari jaringan kartel migas perusahaan multi nasional yang saat ini menjadi raja di Indonesia dari hulu hingga hilir. “Jokowi harus hati-hati benar memilih nama dalam agenda pemberantasan mafia,” jelas dia.

Dia menyebut kerugian negara akibat praktik mafia migas tiap tahun bisa mencapai Rp37 triliun. Jika dihitung sejakberlakuknya UU No. 2 Tahun 2001 tentang Migas, maka kerugian negara lebih dari Rp370 triliun.

Untuk itu, dia menyarankan menteri ESDM yang baru harus diisi kalangan profesional. Jokowi sendiri sudah menjanjikan bahwa yang mengisi menteri ESDM bukan bagian dari sistem yang ada sekarang ini. “Artinya, birokrat petinggi ESDM, SKK Migas, itu gugur sendirinya,” ucapnya.

Bisa juga dari kalangan kampus atau kelompok pimpinan CEOperusahaan nasional yang punya integritas, tidak terkait kartel keuangan global. Selain itu, dia harus berani melawan kekuasaan seven sisters company di industri migas dan minerba seperti Freeport, Newmont, Shell, British Petroleum, Chevron, Exxon Mobil.

“Harus cari orang yang berani lawan seven sisters di urusan energi dan minerba, di ESDM itu, kelemahan Jero Wacik dan sejumlah nama di atas jangankan melawan, tapi bagian sindikasi. Harus orang yang bukan dari bagian sindikasi global baru,” tandasnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : News Editor
Editor : Sepudin Zuhri
Sumber : Newswire
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper