Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Kepercayaan Diri & Ambisi Wanita Saat Mencapai Pertengahan Karir

Bain & Company baru saja melansir sebuah laporan tentangKesetaraan Gender. Bahwa wanita profesional kehilangan kepercayaan diri dan ambisi saat mencapai pertengahan karir.
Ilustrasi/Bisnis.com
Ilustrasi/Bisnis.com

Bisnis.com, JAKARTA - Bain & Company baru saja melansir sebuah laporan tentangKesetaraan Gender. Bahwa wanita profesional kehilangan kepercayaan diri dan ambisi saat mencapai pertengahan karir.

Berdasarkan rilis yang diterima Bisnis, Jumat (19/9/2014), Bain mengemukakan di tengah kegembiraan setelah lulus kuliah dan memulai karier, lebih dari 40% wanita memasuki dunia kerja dengan aspirasi untuk mencapai posisi manajemen puncak, dibandingkan dengan hanya 34% pria di tahap yang sama. Namun, dari waktu ke waktu, tingkat aspirasi perempuan menurun lebih dari 60%, sedangkan laki-laki tetap sama.

Di antara para pekerja yang sudah bekerja lebih dari dua tahun, 34% para pria masih tetap berambisi untuk menempati posisi puncak, sementara hanya 16% perempuan yang masih memiliki ambisi yang sama.

Hal ini berdasarkan survei terhadap 1.000 responden oleh Bain & Company, EverydayMoments of Truth: Frontline managers are key to womens aspirations.

Berdasarkan studi yang dilakukan oleh Bain, meskipun upaya yang signifikan telah dilakukan untuk meningkatkan tingkat kepercayaan diri serta keikutsertaan perempuan baik secara individual maupun dalam kelompok manajemen senior (boardroom), masih ditemukan kesenjangan yang terjadi pada level conference room tahun-tahun diantara masa studi dan masa pencapaian posisi puncak, ketika tingkat aspirasi serta rasa percaya diri perempuan cenderung menurun.

Laporan ini menemukan fakta bahwa hanya 30%perempuan pada posisi manajemen tingkat menengah yang percaya bahwa ada kesempatan yang setara untuk dipromosikan pada waktu yang sama dengan pria.

Seow-Chien Chew, mitra Bain di Singapura berpendapat bahwa manajer harus mengambil peran aktif yang lebih besar untuk menghilangkan pelabelan di dalam organisasi mereka dengan mendefiniskan ulang pandangan mereka terhadap karyawan yang ideal, baik dalam segi perilaku dan dalam segi penghargaan serta dukungan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper