Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

MERCK: Ini Dia 5 Aksi Sosial Terbaik di Tanah Air

Setelah menyeleksi sekitar 161 proposal aksi sosial dari seluruh Indonesia, Grup Merck Indonesia memilih lima aksi sosial terbaik sebagai pemenang Klik Hati Merck 2014.

Bisnis.com, JAKARTA – Setelah menyeleksi sekitar 161 proposal aksi sosial dari seluruh Indonesia, Grup Merck Indonesia memilih lima aksi sosial terbaik sebagai pemenang Klik Hati Merck 2014.

Kelima aksi sosial tersebut, antara lain Gerakan Indonesia Diet Kantong Plastik, Koalisi Pemuda Hijau Indonesia (Yophi) Yogyakarta, Edukasi Gizi, Buku untuk Papua, serta Rumah Dongeng Pelangi. Kelimanya berhak mendapatkan total dana dukungan sebesar Rp75 juta atau Rp15 juta untuk masing-masing pemenang.

Manager Corporate Communication PT Merck Tbk, Niken Suryo Sofyan berharap dana CSR tersebut dapat digunakan secara optimal bagi pengembangan aksi sosial mereka.

“Kami mencari kriteria yang berkualitas, inovatif, dan sustainable. Agar aksi sosial mereka berkelanjutan tentu butuh dana, untuk itu kami memberika total hadiah sebesar Rp15 juta. Selain itu juga dukungan kepada 30 finalis untuk workshop online,” ujarnya, Rabu (10/9/2014).

Hendri Bagus Ketua Umum Kophi Yogyakarta mengaku akan menggunakan dana tersebut untuk membiaya program lingkungan mereka yang sempat terhambat sebelumnya akibat permasalahan dana.

“Kami ingin melanjutkan program di sungai Gajah Wong. Di Jogja terdapat sungai yang potensinya bagus untuk dijadikan lokasi wisata tetapi masih tebengkalai karena itu kami ingin membersihkannya dan menjadikannya lokasi wisata,” ujar Lalu.

Kriteria utama pemenang Klik Hati Merck ialah program aksi sosial tersebut memiliki ide yang istimewa dan unik, mempunya program yang konsisten dan berkelanjutan, serta memberikan
dampak positif bagi masyarakat sehingga dapat ditiru wilayah lain.

Lima Aksi Sosial Terbaik Klik Hati Meck 2014 adalah:

1. Gerakan Indonesia Diet Kantong Plastik merupakan aksi sosial yang membangun tingkat kepedulian sosial dengan mengajak masyarakat untuk bijak dalam menggunakan kantung plastik.

Aksi sosial ini bertujuan untuk mengkampanyekan gerakan pengurangan penggunaan kantung plastik serta bersama-sama menciptakan kelompok kerja nasional untuk meningkatan kesadaran mengenai nilai positif dari pengurangan kantong plastik.

2. Koalisi Pemuda Hijau Indonesia (KOPHI Yogyakarta) merupakan aksi sosial yang membangun tingkat kepedulian sosial dengan mengajak serta anak muda untuk mengambil bagian dalam memecahkan masalah perubahan iklim. Aksi sosial ini bertujuan untuk menggerakkan anak muda untuk melakukan gerakan yang berkelanjutan guna menciptakan lingkungan Indonesia yang lestari.

3. Edukasi Gizi merupakan aksi sosial yang membangun tingkat kepedulian social masyarakat dari berbagai golongan melalui literasi makanan, gizi dan program kesehatan. Aksi sosial ini bertujuan mendorong masyarakat untuk semakin sadar dan peka terhadap kesehatan. Apabila komunitas kesehatan lainnya bergerak secara serius dan sulit dimengerti, Edukasi Gizi melakukan terobosan dengan menyediakan website yang berisi informasi kesehatan dan menggunakan bahasa yang sederhana sehingga dapat dimengerti oleh seluruh masyarakat.

4. Buku untuk Papuamerupakan aksi sosial yang membangun tingkat kepedulian sosial untuk meningkatkan kualitas sumber daya manusia di Papua. Aksi sosial ini bergerak melalui program donasi dan pengumpulan buku serta mendorong masyarakat Papua untuk mendirikan rumah baca di setiap desa di Papua

5. Rumah Dongeng Pelangi merupakan komunitas bagi para pendongeng dan anak muda yang peduli terhadap pendidikan anak dan menggunakan dongeng serta karakter untuk mengedukasi anak, terutama area marjinal.

Melalui cerita dan dongeng, anak dapat belajar banyak mengenai hidup. Dalam setiap cerita, selalu ada nilai moral dan agama yang dapat disampaikan ke anak-anak. Aksi sosialini juga memberikan kegiatan lokakarya berdongeng, serta mendongeng di sekolah-sekolah dan acara ulang tahun.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Dewi Andriani
Editor : Nurbaiti

Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper