Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

PILPRES 2014: Ical Tegaskan Koalisi Merah Putih Bukan Untuk Menangkan Prabowo-Hatta

Ketua Umum Partai Golkar Aburizal Bakrie menegaskan dibentuknya Koalisi Merah Putih bukan untuk memenangkan pasangan Prabowo Subianto-Hatta Rajasa sebagai calon presiden dan wakil presiden pada Pilpres 2014.
Prabowo-Hatta/Antara
Prabowo-Hatta/Antara

Bisnis.com,  JAKARTA--Ketua Umum Partai Golkar Aburizal Bakrie menegaskan dibentuknya Koalisi Merah Putih bukan untuk memenangkan pasangan Prabowo Subianto-Hatta Rajasa sebagai calon presiden dan wakil presiden pada Pilpres 2014.

Pria yang akrab disapa Ical itu mengatakan dalam mukadimah Koalisi Merah Putih tidak ada satupun kata-kata yang menyebutkan bahwa koalisi tersebut didirikan untuk memenanggkan Prabowo-Hatta, melainkan menyepakati setidaknya tiga tujuan utama untuk membangun bangsa.

Pertama, kata Ical, di mukadimah itu dijelaskan Koalisi Merah Putih dibangun untuk mempertahankan Pancasila sebagai ideologi negara. Apabila ada pihak-pihak yang ingin menggantikan Pancasila sebagai ideologi negara, maka Koalisi Merah Putih akan menghambat dan menjegalnya.

 "Termasuk di dalamnya apabila ada pihak yang ingin mencabut Tap MPRS No. 25/1966 tentang pelarangan PKI, kami akan hambat," katanya usai bertemu dengan para Ketua DPD Partai Golkar di kediaman Ical di Jl. Mangunsarkoro, Menteng, Jakarta Pusat, Senin (25/8/2014).

Kedua, kata dia, di mukadimah itu dikatakan koalisi merah putih akan memastikan bahwa negara menjamin hak semua warga untuk menjalankan agama dan kepercayaan masing-masing.

Ketiga, Koalisi Merah Putih akan menjamin hak warga negara untuk berbuat atau tidak berbuat sesuai prinsip hak asasi manusia. Maka, lanjutnya, koalisi tersebut dibentuk untuk jangka panjang.

"Tidak ada hubungannya memenangkan Prabowo-Hatta. Jadi semua anggota partai koalisi bersepakat untuk mempertahankan Pancasila. Itu prinsip koalisi yang nyata, bukan kepentingan sesaat. Kami telah memperhatikan prinsip check and balance,"  tegasnya.

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Miftahul Khoer
Editor : Ismail Fahmi
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper