Cari berita
  • facebook
  • twitter
  • instagram
  • youtube
Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

KRISIS GAZA: Gencatan Senjata Berpotensi Gagal

Pimpinan delegasi Palestina untuk gencatan senjata dengan Israel mengingatkan bahwa serangan ke Gaza bisa terjadi kembali jika tidak ada kemajuan dalam kesepakatan terbaru menjelang akhir tenggat waktu tengah malam ini.
John Andhi Oktaveri
John Andhi Oktaveri - Bisnis.com 19 Agustus 2014  |  07:47 WIB
KRISIS GAZA: Gencatan Senjata Berpotensi Gagal
Suasana di Palestina usai serangan udara Israel -

Bisnis.com, JAKARTA— Pimpinan delegasi Palestina untuk gencatan senjata dengan Israel mengingatkan bahwa serangan ke Gaza bisa terjadi kembali jika tidak ada kemajuan dalam kesepakatan terbaru menjelang akhir tenggat waktu tengah malam ini.

Beberapa menit setelah dicapai kesepakatan bahwa Israel akan memperpanjang gencatan senjata selama 24 jam, pemimpin senior gerakan Fatah, Azzam al-Ahmad mengatakan tidak ada kemajuan dalam pembicaraan untuk mencari solusi soal konflik Gaza.

"Kami berharap setiap menit menjelang 24 jam berakhirnya gencatan senjata akan digunakan untuk mencapai kesepakatan dan jika tidak tercapai maka serangan ke Gaza akan berlanjut," ujar Ahmad sebagaimana dikutip Reuters, Selasa (19/8/2014).

Dia menuding Israel "melakukan manuver dan mengulur waktu" ketika masih ada perbedaan pendapat soal kesepakatan jangka panjang di antara Israel dan kelompok militan Hamas di Jalur Gaza. Menurutnya, kesepakatan itu termasuk bantuan pembangunan kembali di wilayah itu yang akan mengalir setelah terjadi pertempuran selama lima pekan.

Pejabat senior Hamas, Moussa Abu Marzouk menuding Israel menggunakan taktik untuk membelokkan hasil kesepakatan. Caranya dengan  dengan menegaskan dalam akun Twitter bahwa kelompok Hamas tidak akan pernah menyerah atas setiap permintaan untuk kesepakatan komprehensif.

Sedangkan seorang pejabat senior Palestina di Gaza mengatakan poin terpenting dalam kesepakatan itu adalah soal permintaan Hamas untuk membangun sebuah pelabuhan laut dan bandara yang diminta Israel agar dibicarakan pada tahap pertemuan berikutnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

krisis Gaza agresi israel

Sumber : Reuters

Editor : Linda Teti Silitonga

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini

back to top To top