Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

KABINET JOKOWI-JK: Ini Kementerian Rawan Korupsi Versi ICW

Indonesia Corruption Watch (ICW) meyakini ada sejumlah Kementerian yang diprediksi rawan tindak pidana korupsi.
Jokowi-JK/Antara
Jokowi-JK/Antara

Bisnis.com, JAKARTA-- Indonesia Corruption Watch (ICW) meyakini ada sejumlah Kementerian yang diprediksi rawan tindak pidana korupsi.

Hal tersebut diakui ICW akan membuat pemerintahan baru pasangan presiden dan wakil presiden terpilih, Joko Widodo-Jusuf Kalla terganggu.

Terlebih jika beberapa Kementerian tersebut dipimpin seorang politisi.

Penegasan tersebut disampaikan Koordinator ICW, Ade Irawan dalam konferensi persnya di Jakarta, Selasa (19/8/2014).

"Menurut saya, Kementerian Pendidikan, Kementerian Kesehatan dan Kementerian Agama adalah paling rawan, terutama yang dipimpin oleh politisi," tuturnya.

Oleh karena itu, ICW mengimbau pasangan Jokowi-JK agar melakukan seleksi ketat untuk memilih nama-nama menteri yang akan mendampinginya selama lima periode ke depan nanti.

Selain itu, dengan seleksi ketat maka pasangan Jokowi-JK juga akan terhindar dari intervensi partai politik yang memiliki kepentingan kelompoknya.

"Seleksi yang ketat pada rekrutmen menteri itu penting untuk menjaga intervensi politik. Kalau saja presidennya punya otoritas besar, menteri yang tidak compatible bisa di-cut atau ditegur," kata Ade.

ICW juga berharap pasangan Jokowi-JK dapat memimpin secara tegas dan tidak melakukan kompromi dengan beberapa partai politik yang akan mengganggu kinerja pemerintahannya.

"Apabila dari awal presiden sudah melakukan kompromi, maka ke depan posisi menteri akan jadi sarana logistik partai," tukasnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Editor : Saeno
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper