Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Harga Tandan Buah Segara Riau Naik Tipis

Harga tandan buah segar atau TBS kelapa sawit Riau berhasil naik tipis, setelah sempat anjlok terserek pelemahan harga minyak sawit mentah atau crude palm oil (CPO) di bursa komoditas Malaysia.
Tandan buah segar/Bisnis
Tandan buah segar/Bisnis

Bisnis.com, PEKANBARU--Harga tandan buah segar atau TBS kelapa sawit Riau berhasil naik tipis, setelah sempat anjlok terserek pelemahan harga minyak sawit mentah atau crude palm oil (CPO) di bursa komoditas Malaysia.

Kepala Dinas Perkebunan Riau Zulher, mengatakan harga TBS di Riau untuk periode 13-19 Agustus 2014 rebound atau naik tipis setelah anjlok pada periode sebelumnya. TBS dari kelapa sawit berusia 10 tahun menjadi Rp1.771,41 per kilogram, dari yang sebelumnya 1.768,79 per kilogram.

Menurutnya, peningkatan harga TBS itu mengikuti harga CPO yang kembali menguat, karena meningkatnya kebutuhan di pasar global. Membaiknya perekonomian dunia juga dianggap salah satu faktor yang menyebabkan permintaan CPO kembali naik.

“Kenaikan tipis harga TBS sangat wajar, karena pergerakan harga CPO. Ini juga mengindikasikan kebutuhan pasar global terus meningkat seiring dengan perbaikan perekonomian global,” ujarnya, Selasa (12/8/2014).

Data Tim Penetapan Harga Pembelian TBS Riau sendiri menunjukkan harga dari kelapa sawit dengan usia tiga tahun menjadi Rp1.267,71 per kilogram, dari yang sebelumnya Rp1.265,91 per kilogram. Kemudian dari kelapa sawit berusia lima tahun Rp1.515,51 per kilogram, kelapa sawit 10 tahun Rp1.771,41 per kilogram, dan kelapa sawit berusia lebih dari 25 tahun Rp1.550,70 per kilogram.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Lili Sunardi
Editor : Ismail Fahmi
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper