Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

MUSIM HAJI 2014: Demi Keadilan, Lokasi Pemondokan Ditentukan Melalui Qur'ah

Undian (qur'ah) pemondokan yang dilakukan oleh Ditjen Penyelenggaraan Haji dan Umrah (PHU) bertujuan untuk memberi rasa keadilan bagi jamaah haji di Mekkah.

Bisnis.com, JAKARTA - Undian (qur'ah) pemondokan yang dilakukan oleh Ditjen Penyelenggaraan Haji dan Umrah (PHU) bertujuan untuk memberi rasa keadilan bagi jamaah haji di Mekkah.

"Hanya dengan cara itu jemaah bisa menempati pondokan yang sesuai dengan lokasi dari hasil qur'ah," kata Menag Lukman Hakim Saifuddin seusai membuka qur'ah, Kamis (7/8/2014).

Menag mengemukakan dari sisi jarak memang ada perbedaan. Tidak semua jemaah menempati pondokan dekat dengan Masjidil Haram. Terlebih dampak perluasan Masjidil Haram yang berimbas jauhnya pondokan ikut dirasakan jemaah. Ada pondokan terjauh, namun tidak sampai mencapai jarak 4 km.

"Masih di bawah jarak 4 km. Namun untuk jemaah yang tinggal jauh tersebut dibantu dengan transportasi bus shalawat yang beroperasi 24 jam sehingga untuk pergi dan kembali ke pondokan dari Masjidil Haram tidak mengalami kendala".

Menag menjelaskan Panitia Penyelenggara Ibadah Haji (PPIH) Arab Saudi menyediakan bus shalawat sekitar 168 bus. Sedangkan bangunan hotel yang dijadikan pondokan bagi jemaah haji Indonesia sebanyak 200 hotel. Sebanyak 75% pondokan tersebut berupa hotel berbintang tiga dan selebihnya berupa apartemen yang memenuhi syarat dan kriteria yang ditetapkan Ditjen PHU.(ant/yus)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : News Editor
Editor : Yusran Yunus
Sumber : Newswire
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper