Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

BANK SENTRAL EROPA (ECB) Pertahankan Suku Bunga di Rekor Terendah

Bank sentral European Central Bank (ECB) memutuskan untuk mempertahankan tingkat suku bunga di rekor terendah 0,15% setelah para pengambil kebijakan melihat krisis Ukraina masih menghambat pemulihan Zona Euro.
Gubernur ECB Mario Draghi. /Reuters
Gubernur ECB Mario Draghi. /Reuters

Bisnis.com, FRANKFURT – Bank sentral European Central Bank (ECB) memutuskan untuk mempertahankan tingkat suku bunga di rekor terendah 0,15% setelah para pengambil kebijakan melihat krisis Ukraina masih menghambat pemulihan Zona Euro.

Putusan tersebut disampaikan jajaran pengambil kebijakan ECB yang dipimpin oleh Gubernur Mario Draghi. Konflik Ukraina dan sanksi ekonomi atas Rusia telah menimbulkan keraguan Draghi mengenai masa depan pemulihan zona 18 blok tersebut.

Selain itu, Draghi juga dihadapkan pada kemungkinan Italia menghadapi resesi, dan perlambatan pertumbuhan beberapa negara  Zona Euro lain. Ia menyampaikan, penjualan aset skala besar menjadi pilihan, untuk menyiasati pertumbuhan lambat.

“Spekulasi untuk pelonggaran kuantitatif sepertinya terlalu tinggi, sedangkan keputusan untuk membeli obligasi Pemerintah Eropa dapat mempengaruhi deflasi,” kata ekonom Barclays Plc, Philippe Gudin, Kamis (7/8/2014).

Gudin menambahkan, ECB tidakmungkin tergesa-gesa mengambil keputusan, menghadapi dampak ekonomi dari krisis Ukraina.

Adapun inflasi Zona Euro hanya mampu bertengger di level seperempat dari target ECB sebesar 2%. Pada Juli lalu, harga konsumen meniongkat 0,4% dari periode yang sama tahun sebelumnya, laju paling lambat dalam 5 tahun terakhir.

Seperti diketahui, saat ini zona bermata uang tunggal tersebut tengah berupaya menarik diri dari belitan deflasi berkepanjangan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Dara Aziliya
Editor : Fatkhul Maskur
Sumber : Bloomberg

Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper