Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Ternyata, Optimisme Konsumen di Sumsel Kalah dari Bangka Belitung

Badan Pusat Statistik mencatat indeks tendensi konsumen di Sumsel 107,74 pada Triwulan II/2014 yang menunjukkan kondisi konsumen meningkat dari triwulan sebelumnya.
Ilustrasi/Bisnis.com
Ilustrasi/Bisnis.com

Bisnis.com, PALEMBANG - Badan Pusat Statistik mencatat indeks tendensi konsumen di Sumsel 107,74 pada Triwulan II/2014 yang menunjukkan kondisi konsumen meningkat dari triwulan sebelumnya.

Kepala BPS Sumsel Bachdi Ruswana mengatakan peningkatan indek tendensi konsumen (ITK) tersebut juga menunjukkan tingkat optimisme konsumen lebih tinggi.

“Peningkatan kondisi ekonomi konsumen didorong oleh meningkatnya pendapatan rumah tangga, rendahnya pengaruh inflasi terhadap tingkat konsumsi dan meningkatnya konsumsi komoditas makanan dan non makanan,” paparnya, Selasa (5/8/2014).

Meski mengalami peningkatan dari periode sebelumnya, dia mengemukakan, ITK Sumsel jika dibandingkan provinsi lain di Pulau Sumatra masih tergolong rendah.

Bahkan, Sumsel menempati posisi tiga terendah selain, Aceh dan Sumatra Barat untuk ITK Triwulan II/2014. Dibandingkan dengan kondisi nasional pun yang ITK-nya senilai 110,76, nilai ITK Sumsel masih lebih rendah.

“Bahkan Sumsel kalah dengan provinsi tetangga, seperti Bangka—Belitung, konsumen di sana sepertinya lebih optimistis,” ujarnya.

Adapun provinsi yang memiliki ITK tertinggi adalah Sumatra Utara, disusul Kepulauan Riau, Jambi dan Riau.

ITK adalah indikator perkembangan ekonomi terkini yang dihasilkan BPS melalui sruvei tendensi konsumen (STK).

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Dinda Wulandari
Editor : Sepudin Zuhri
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper