Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group

Ternyata, Optimisme Konsumen di Sumsel Kalah dari Bangka Belitung

Badan Pusat Statistik mencatat indeks tendensi konsumen di Sumsel 107,74 pada Triwulan II/2014 yang menunjukkan kondisi konsumen meningkat dari triwulan sebelumnya.
Dinda Wulandari
Dinda Wulandari - Bisnis.com 05 Agustus 2014  |  16:26 WIB
Ilustrasi - Bisnis.com
Ilustrasi - Bisnis.com

Bisnis.com, PALEMBANG - Badan Pusat Statistik mencatat indeks tendensi konsumen di Sumsel 107,74 pada Triwulan II/2014 yang menunjukkan kondisi konsumen meningkat dari triwulan sebelumnya.

Kepala BPS Sumsel Bachdi Ruswana mengatakan peningkatan indek tendensi konsumen (ITK) tersebut juga menunjukkan tingkat optimisme konsumen lebih tinggi.

“Peningkatan kondisi ekonomi konsumen didorong oleh meningkatnya pendapatan rumah tangga, rendahnya pengaruh inflasi terhadap tingkat konsumsi dan meningkatnya konsumsi komoditas makanan dan non makanan,” paparnya, Selasa (5/8/2014).

Meski mengalami peningkatan dari periode sebelumnya, dia mengemukakan, ITK Sumsel jika dibandingkan provinsi lain di Pulau Sumatra masih tergolong rendah.

Bahkan, Sumsel menempati posisi tiga terendah selain, Aceh dan Sumatra Barat untuk ITK Triwulan II/2014. Dibandingkan dengan kondisi nasional pun yang ITK-nya senilai 110,76, nilai ITK Sumsel masih lebih rendah.

“Bahkan Sumsel kalah dengan provinsi tetangga, seperti Bangka—Belitung, konsumen di sana sepertinya lebih optimistis,” ujarnya.

Adapun provinsi yang memiliki ITK tertinggi adalah Sumatra Utara, disusul Kepulauan Riau, Jambi dan Riau.

ITK adalah indikator perkembangan ekonomi terkini yang dihasilkan BPS melalui sruvei tendensi konsumen (STK).

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

kepercayaan konsumen
Editor : Sepudin Zuhri
Bisnis Indonesia bersama 3 media menggalang dana untuk membantu tenaga medis dan warga terdampak virus corona yang disalurkan melalui Yayasan Lumbung Pangan Indonesia (Rekening BNI: 200-5202-055).
Ayo, ikut membantu donasi sekarang! Klik Di Sini untuk info lebih lengkapnya.

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

BisnisRegional

To top