Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

MUDIK LEBARAN 2014: Puncak Arus Balik di Balikpapan Belum Terlihat

Meski libur Idulfitri telah berakhir, arus balik di Bandara Sepinggan maupun Pelabuhan Semayang masih belum menunjukkan adanya peningkatan aktifitas yang cukup berarti.
Ilustrasi/Bisnis.com
Ilustrasi/Bisnis.com

Bisnis.com, BALIKPAPAN - Meski libur Idulfitri telah berakhir, arus balik di Bandara Sepinggan maupun Pelabuhan Semayang masih belum menunjukkan adanya peningkatan aktifitas yang cukup berarti.

Arus balik melalui Bandara Sepinggan yang diperkirakan terjadi pada akhir pekan ini, urung terjadi karena kedatangan penumpang masih berkisar pada 9.000 - 11.000 penumpang per hari. Padahal saat arus mudik pada H-2, jumlah penumpang yang melalui Bandara Sepinggan mencapai 15.689 penumpang per hari.

Head of Security Angkasa Pura Sepinggan Sugiono mengatakan arus balik tahun ini tampaknya akan mengikuti tren tahun lalu yang menyebar dalam jangka waktu yang cukup lama. Indikasinya terlihat dari belum adanya titik puncak arus balik seperti yang terjadi saat arus mudik.

“Kami perkirakan akan ada deviasi sekitar 10% antara penumpang yang berangkat dan yang datang. Kalau yang berangkat bisa 15.000 penumpang per hari, kami perkirakan penumpang yang datang maksimal bisa mencapai 13.000 per hari,” ujarnya, Minggu (3/8/2014).

Sugiono memprediksikan angka 13.000 penumpang tersebut bisa dicapai Minggu (3/8). Hinga tengah hari, data sementara rekapitulasi penumpang yang berangkat dan datang melalui Bandara Sepinggan secara berurutan mencapai 4.212 penumpang dan 3.738 penumpang. Dia memperkirakan penumpang akan terus meningkat pada sore dan malam hari.

Adapun, pada Sabtu (2/8/2014) jumlah penumpang yang berangkat dari Bandara Sepinggan mencapai 11.900 penumpang dan yang datang mencapai 11.844 penumpang. “Ada indikasi seperti tahun lalu yakni tersebar sampai beberapa minggu setelah Lebaran. Tahun lalu, karena tersebar seperti itu, setiap ada kedatangan dari Surabaya, Makassar dan Jogjakarta selalu penuh,” katanya.

Mengenai ketersediaan tiket, lanjut Sugiono, penumpang tidak perlu khawatir karena hingga saat ini masih tersisa tiket penerbangan bahkan untuk keberangkatan hari itu juga. Harga yang ditawarkan pun masih tergolong normal meski arus balik Lebaran terjadi.

Pantauan Bisnis di laman resmi beberapa maskapai seperti Garuda Indonesia, Citilink dan Lion Air, tiket tujuan Surabaya untuk keberangkatan Minggu (3/8/2014) masih dibanderol mulai harga Rp470.400 per penumpang hingga Rp843.400 per penumpang. Adapun untuk penerbangan tujuan Jakarta, harga tiket berkisar antara Rp704.800 per penumpang hingga Rp883.000 per penumpang.

Sementara itu, untuk arus balik di Pelabuhan Semayang, belum terlihat adanya penumpukan penumpang dari KM Labobar yang sandar pada Minggu (3/8) dari Surabaya. General Manager PT Pelni (Persero) Cabang Balikpapan Suaidi mengatakan penumpang yang datang mempergunakan kapal berkapasitas 3.000 penumpang tersebut hanya sekitar 400 orang. “Kalau yang berangkat hanya sekitar 100 penumpang. Memang masih sepi,” katanya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Editor : Sepudin Zuhri
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper