Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group

ARUS BALIK LEBARAN 2014: Jalur Puncak Padat, Dinihari Sempat Macet Total

Hingga pukul 06. 25 WIB, Kamis (31/7/2014) arus lalu lintas di kawasan itu, tepatnya di Gadog arah Mega mendung dilaporkan padat merayap. "Antrean mulai lampu merah Gadog," demikian laporan yang terdapat pada akun Twitter TMCPoldaMetro.
Saeno
Saeno - Bisnis.com 31 Juli 2014  |  07:16 WIB
Ilustrasi
Ilustrasi

Bisnis.com, BOGOR -- Para pengguna lalu lintas dan mayarakat yang baru kembali dari perjalanan mudik nampaknya masih harus menghindari ruas jalan di kawasan puncak, Bogor.

Hingga pukul 06. 25 WIB, Kamis (31/7/2014) arus lalu lintas di kawasan itu, tepatnya di Gadog arah Mega mendung dilaporkan padat merayap. "Antrean mulai lampu merah Gadog," demikian laporan yang terdapat pada akun Twitter TMCPoldaMetro. 

Selain itu diinformasikan bahwa jalur Puncak diberlakukan kebijakan pengaturan lalu lintas dua arah. Lalu lintas dari Cisarua arah Puncak ramai lancar sedangkan arah sebaliknya padat merayap. 

Sebelumnya, hingga Kamis dini hari pukul 01.45 WIB jalur wisata Puncak Kabupaten Bogor, Jawa Barat, masih mengalami macet total.

Kemacetan dimulai dari pintu keluar tol Ciawi.

Mobil dari arah Jakarta terhenti perjalanannya ketika ingin memasuki jalur Puncak hingga tidak bergerak sama sekali.

Antrean kendaraan ini mengular hingga sampai ke kawasan puncak.

Kepadatan arus lalu lintas di daerah Puncak ini karena banyak warga Jakarta yang ingin belibur di vila-vila yang tersedia di daerah wisata alam tersebut.

Beberapa orang joki sebagai penunjuk arah jalan alternatif berinisiatif menawarkan jasanya kepada para pengemudi untuk dapat melewati jalan tersebut agar cepat sampai tujuan.

Para keluarga yang menggunakan kendaraan pribadi banyak yang menggunakan jasa para joki tersebut. Sedangkan para sopir yang enggan menggunakan jasa joki tersebut menepikan mobilnya untuk beristirahat.

Ada juga pengguna jalan yang mencari alternatif jalan lain untuk beristirahat dan kemudian melanjutkan perjalanannya setelah kepadatan arus lalu lintas terurai.

"Saya cari Masjid sekitar sini saja untuk beritirahat," kata Rama, warga Jakarta yang hendak berlibur ke Cipanas.

Rama mengatakan dirinya bersama keluarga besarnya ingin berlibur di daerah Puncak dan berangkat dari Lenteng Agung pukul 23.30 WIB.

"Saya sudah berangkat tengah malam tapi ternyata masih saja macet total," keluhnya.

Kepadatan arus lalu lintas sudah terjadi mulai Rabu (30/7) pukul 07.30 WIB, antrean kendaraan hingga mencapai "rest area" KM 45.

Petugas memberlakukan sistem satu arah pada pukul 08.30 sampai dengan 12.48 WIB dan imbasnya arus dari arah Cianjur menuju Bogor menjadi macet parah dengan antrean hingga perbatasan Kota Bunga.

Selain itu, petugas juga telah mengalihkan arus yang keluar tol Ciawi ke arah Kota Bogor untuk mengurai antrean kendaraan yang menuju Puncak.

Petugas memberlakukan dua arah pukul 13.00 WIB, namun upaya tersebut tidak mampu mencairkan kepadatan arus lalulintas hingga kemacetan tidak terelakkan.

Kepolisian Resor Bogor mengeluarkan imbauan kepada pengendara yang ingin ke Puncak agar berbalik arah dan tidak melanjutkan perjalanan karena kepadatan arus yang terjadi tidak mampu lagi menampung jumlah kendaraan yang datang.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

Arus Balik

Sumber : Antara/Twitter

Editor : Saeno
Bisnis Indonesia bersama 3 media menggalang dana untuk membantu tenaga medis dan warga terdampak virus corona yang disalurkan melalui Yayasan Lumbung Pangan Indonesia (Rekening BNI: 200-5202-055).
Ayo, ikut membantu donasi sekarang! Klik Di Sini untuk info lebih lengkapnya.
0 Komentar

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

BisnisRegional

To top