Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

PENUKARAN UANG: BI Jateng Optimalkan Kas Keliling

Bank Indonesia Kanwil V Jateng dan DIY mengoptimalkan peran kas keliling dalam membantu melayani kebutuhan penukaran uang selama Ramadan - Idulfitri.

Bisnis.com, SEMARANG--Bank Indonesia Kanwil V Jawa Tengah dan DIY mengoptimalkan peran kas keliling dalam membantu melayani kebutuhan penukaran uang selama Ramadan - Idulfitri.

Kepala Bank Indonesia Wilayah V Jateng dan DIY Sutikno memastikan lembaga keuangan itu menjamin ketersediaan dan pelayanan distribusi uang pada periode Lebaran tahun ini.

"Stratregi distribusi dengan peningkatan dan perluasan pengedaran uang di luar kantor Bank Indonesia melalui kantor kas keliling utamanya di lembaga publik yang banyak masyarakat," ujarnya, Kamis (3/7/2014).

Sejumlah titik menjadi tujuan kas keliling meliputi kompleks Polda Jateng, kantor Pemprov Jateng dan beberapa lembaga daerah, hingga ruang publik di Kabupaten Semarang dan Kabupaten Kudus yang di dukung kesiapan BI di wilayah V.

BI Kantor Semarang membuka loket penukaran uang pada 30 Juni - 24 Juli pukul 08.00 - 12.00 WIB, sedangkan operasional penukaran di luar kantor melalui kas keliling akan intensif mulai H-14 dengan agenda kunjungan berkala.

"Komposisi kebutuhan uang pecahan 22% untuk Rp20.000, 23% uang Rp10.000, dan paling banyak Rp5000 mencapai 34%, untuk Rp2.000 tidak begitu banyak 16%," katanya.

Penukaran uang di kantor BI Semarang dilayani melalui 15 konter dari biasanya hanya 4 konter. Selain itu BI wilayah V telah menyiapkan pasokan dan kebutuhan uang tunai berkoordinasi dengan kantor perwakilan di Solo, Purwokerto, Tegal, dan Yogyakarta.

Deputi BI Kanwil V Marlison Hakim mengatakan kantor perwakilan BI di wilayah Jateng sudah melayani penukaran uang di dukung sejumlah perbankan umum.

"Petugas di kantor perbankan umum dibekali persiapan teknis. Untuk BPR laporan Perbarindo juga siap melayani penukaran dan mendistribusikan," katanya.

Perbankan umum dan BPR diminta memantau ATM dan kas sehingga bisa melayani penukaran maupun kebutuhan uang masyarakat Jateng yang diperkirakan mencapai Rp13 triliun.

Teguh Sumaryono, wakil ketua Perbarindo Jateng menyatakan kesiapan sejumlah BPR untuk berpartisipasi dalam melayani penukaran uang masa Ramadan dan Idulfitri.

"Sudah siap, meski tidak semua BRP melayani penukaran uang tetapi dukungan kas dan pelayanan perbankan siap semua."

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Editor : Taufik Wisastra

Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper