Cari berita
  • facebook
  • twitter
  • instagram
  • youtube
Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia tokotbisnis Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Orang Terkaya Spanyol Omancio Ortega Raup Laba US$1miliar

Orang terkaya di Spanyol Omancio Ortega meraup keuntungan hingga US$1miliar atau 1,6% seperti yang dilansir oleh Bloomberg.
Atiqa Hanum
Atiqa Hanum - Bisnis.com 04 Juli 2014  |  19:49 WIB
Orang Terkaya Spanyol Omancio Ortega Raup Laba US$1miliar
Ilustrasi - Bisnis.com
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Orang terkaya di Spanyol Omancio Ortega meraup keuntungan hingga US$1miliar atau 1,6% seperti yang dilansir oleh Bloomberg.

Namun, dilihat dari perubahan YTD, kekayaannya tetap stabil di angka US$9juta atau 0,0%.

Pria kelahiran 1936 ini memiliki 59% saham dari Inditex—peritel pakaian terbesar di dunia—yang juga sebagai orang tua dari rantai mode Zara.

Perusahaan Arteixo, Spanyol mengoperasikan lebih dari 6.000 toko. Pada 2013, memiliki pendapatan 16 miliar Euro dan laba bersih 2,4 miliar euro.

Selain dua perusahaan investasi yang dipegangnya, Ortega juga memegang kantor dan properti ritel di kota-kota besar di seluruh Eropa dan Amerika Serikat.

Ayahnya yang pekerja kereta api dan ibu rumah tangga di barat laut Spanyol, membuat Ortega mulai bekerja di sebuah toko pakaian di kota La Coruna pada usia 13.

Pada 1963, dia mulai membuat jubah mandi perempuan dengan saudara-saudaranya dan Rosalia Mera, istrinya, yang dijahit beberapa item pertama dengan tangan di rumah mereka.

Tahun 1975, mereka membuka toko Zara pertama. Satu dekade kemudian, dia dimasukkan ke dalam rantai perusahaan induk bernama Inditex. Dia dan Mera dipisahkan sekitar waktu yang sama, dan akhirnya bercerai. Akhirnya, pemegang saham terbesar kedua Inditex meninggal karena pendarahan otak pada bulan Agustus 2013.

Dari tahun 1988 sampai 1990, Ortega diperluas ke Portugal, Perancis dan Amerika Serikat. Dekade berikutnya, dia memperkenalkan Pull & Bear dan Bershka diakuisisi Massimo Dutti dan Stradivarius. Pada tahun 2010, perusahaan memiliki lebih dari 5.000 toko di 77 negara yang saat ini dipegang oleh putrinya, Marta Ortega Perez.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

orang terkaya
Editor : Sepudin Zuhri
Bagikan

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Lainnya

Berita Terkini

back to top To top