EKONOMI GLOBAL: Investor Guyur Pasar Saham

Polling Reuters menunjukkan investor global menyuntikkan sejumlah dana ke pasar saham di tengah optimisme penguatan ekonomi Amerika Serikat dan Inggris.
Amanda Kusumawardhani
Amanda Kusumawardhani - Bisnis.com 30 Juni 2014  |  23:17 WIB
EKONOMI GLOBAL: Investor Guyur Pasar Saham
Ilustrasi - bisnis.com

Bisnis.com, LONDON—Polling Reuters menunjukkan investor global menyuntikkan sejumlah dana ke pasar saham di tengah optimism penguatan ekonomi Amerika Serikat dan Inggris.

Jajak pendapat bulanan yang diadakan Reuters melibatkan 51 manajer pembiayaan dan ketua investasi di AS, Inggris, Eropa dan Jepang memperlihatkan rata-rata aliran modal yang masuk ke portofolio naik 51% dari 50,8%.

Alokasi yang lebih sedikit mengalir ke pasar obligasi, turun menjadi 35,6% dari 35,9% pada Mei tahun ini. Tidak hanya itu, aliran uang tunai dan investasi alternatif misalnya hedge funds tidak berubah yaitu 5,7% dan 5,6% masing-masing.

Investasi properti justru naik tipis 2,1%, setelah mencetak level tertinggi sejak Juni 2011.

Adapun ekuitas portofolio di Amerika Utara naik 42,1% dari 41,5% sedangkan pasar saham di Inggris juga tumbuh 11,9% dari 11,5%.      

Paket ekstra stimulus yang diberlakukan European Central Bank (ECB) dan the Fed mendukung naiknya permintaan aset yang berisiko, misalnya ekuitas.

“Bahkan dengan data ekonomi yang masih kabur, fondasi dari pertumbuhan ekonomi yang moderat mulai menunjukkan momentumnya, tetapi tingkat keberlanjutannya masih diragukan,’ kata Boris Willems, ekonom UBS di London, Senin (30/6/2014).

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :
ekonomi dunia

Sumber : Reuters

Editor : Saeno

Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya



Top