Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Siprus Targetkan Ekonomi Hanya Terkoreksi 4%

Pemerintah optimistis ekonomi Siprus terkontraksi di bawah estimasi kelompok pemberi dana talangan yang dikenal dengan Troika yaitu 4,2%.

Bisnis.com, NIKOSIA—Pemerintah optimistis ekonomi Siprus terkontraksi di bawah estimasi kelompok pemberi dana talangan yang dikenal dengan Troika yaitu 4,2%.

Gubernur bank sentral Siprus Chrystalla Georghadji mengatakan produk domestik bruto (PDB) terkontraksi 4,1% pada kuartal I/2014, lebih baik dari kuartal sebelumnya yang tertekan hingga 5%.

Sebelumnya, troika yang terdiri dari European Commission (EU), International Monetary Foundation (IMF), dan European Central Bank (ECB) setuju untuk mengguyur pinjaman jangka panjang senilai 10 miliar euro di tengah resesi keuangan yang dilanda sebagian besar negara di Eropa, termasuk Siprus.

Merespon pemulihan ekonomi Siprus yang mulai berjalan, grup troika merevisi turun ekonomi Siprus menjadi terkoreksi 4,2% dari 4,8%.  

“Berdasarkan data itu, maka kami menilai proyeksi troika tersebut sangat pesimistis pada tahun ini. Kami memperkirakan ekonomi terkoreksi 4%, jauh di bawah proyeksi troika,” katanya di Nikosia, Rabu (25/6/2014).  

Sejak troika meggelontor dana talangan ke Siprus pada Maret 2013, ekonomi Siprus membuktikan pemulihannya, lebih cepat daripada ekspektasi berbagai kalangan. Sebagai buktinya, Siprus kembali ke pasar keuangan dengan menjual obligasi 5 tahun senilai 750 juta euro dengan bunga 4,8%.

Lebih lanjut, Georghadji tengah berupaya untuk meningkatkan modal perbankan menjelang uji penilaian yang akan diadakan oleh ECB pada tahun ini.“ Permasalahan modal merupakan langkah strategis untuk menghadapi stress test ECB mendatang,” tambahnya.

 

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Editor :
Sumber : Reuters
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper