Cari berita
  • facebook
  • twitter
  • instagram
  • youtube
Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia tokotbisnis Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

EKONOMI EROPA: Denmark Segera Tarik Stimulus

Pemerintah Denmark bersiap untuk menarik stimulus menyusul penguatan ekonomi negeri Skandinavia yang mencatatkan tren positif.nn
Amanda Kusumawardhani
Amanda Kusumawardhani - Bisnis.com 24 Juni 2014  |  19:35 WIB
EKONOMI EROPA: Denmark Segera Tarik Stimulus
Suasana kota Kopenhagen - Reuters
Bagikan

Bisnis.com, KOPENHAGEN -- Pemerintah Denmark bersiap untuk menarik stimulus menyusul penguatan ekonomi negeri Skandinavia yang mencatatkan tren positif.

“Kami akan mulai menarik stimulus secara perlahan karena ekonomi terus menunjukkan pemulihan,” ungkap Menteri Keuangan Denmark Bjarne Corydon di Kopenhagen, Selasa (24/6/2014).

Ekonomi Denmark tumbuh 0,9% pada kuartal I/2014, laju pertumbuhan tertinggi sejak kuartal II/2010. Tidak hanya itu, angka pengangguran juga kembali ke level prakrisis yaitu 3,9%.

Indikator ekonomi lainnya antara lain penjualan ritel dan kepercayaan konsumen juga meraih kenaikan tertinggi sejak krisis finansial 2008.

 Akibatnya, bank sentral memperkirakan ekonomi mampu terangkat hingga 1,5% pada tahun ini, 1,8% pada 2015, dan 2% pada 2016.

“Selain itu, limit defisit fiskal akan mencapai 3% dari produk domestik bruto [PDB] pada tahun depan, sesuai dengan plafon yang ditetapkan Uni Eropa,” tambahnya.

Sementara itu, Jan Stoerup Nielsen, ekonom Nordea Bank AB in Copenhagen tidak menyakini Denmark mampu mencapai limit defisit tersebut. Pasalnya, belanja pemerintah diprediksi terus mengembang seiring dengan rencana penyelenggaraan pemilihan umum.

Berdasarkan riset Nordea Bank AB in Copenhagen, memangkas investasi pemerintah ke level prakrisis akan mengurangi belanja setidaknya 10 miliar kroner (US$1,82 miliar) dari 40 miliar kroner saat ini.

“Satu-satunya sektor yang bisa memangkas belanja signifikan adalah investasi publik dan proyek infrastruktur,” tekannya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

denmark

Sumber : Bloomberg

Editor : Saeno
Bagikan

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Lainnya

Berita Terkini

back to top To top