Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Penjualan Ritel Inggris Terkoreksi

Penjualan ritel Inggris merosot untuk pertama kalinya selama 4 bulan pada Mei tahun ini menyusul Piala Dunia gagal mengerek naik permintaan produk makanan.
/listdose
/listdose

Bisnis.com, LONDON—Penjualan ritel Inggris merosot untuk pertama kalinya selama 4 bulan pada Mei tahun ini menyusul Piala Dunia gagal mengerek naik permintaan produk makanan.

Badan Pusat Statistik mencatat penjualan, termasuk bahan bakar minyak (BBM) untuk mobil, melorot 0,5% pada Mei tahun ini dari April lalu. tetapi, jika dibandingkan dengan peridoe yang sama tahun lalu, penjualan ritel meningkat 4,7% pada Mei 2014.

“Sepanjang 3 bulan terakhir, volume penjualan naik 1,3%,e mengikuti pertumbuhan 3 bulan lalu. Sayangnya, penjualan makanan terkoreksi 2,4%, setelah melonjak saat liburan Paskah,” ungkap Badan Pusat Statistik di London, Kamis (19/6).

Selain itu, penjualan di pengecer lain justru naik 2,2% akibat melesatnya permintaan kaos sepak bola sebelum pertandingan Piala Dunia dimulai.  

Meskipun penjualan turun, kondisi tersebut tidak mempengaruhi prospek penguatan ekonomi Inggris. Penjualan ritel tumbuh 4,9% pada kuartal I/2014, kenaikan terbesar selama hampir satu dekade.

Bank of England (BOE) menambahkan pemulihan ekonomi Inggris tengah melaju stabil dan mulai kembali ke posisi pra-krisis.

Penguatan ekonomi Inggris yang dibarengi dengan komentar Gubernur BOE Mark Carney meningkatkan spekulasi mengenai kenaikan suku bunga acuan lebih cepat dari perkiraan sebelumnya.

Melambatnya inflasi menjadi 1,5% pada  Mei tahun ini juga diperkirakan dapat mendukung momentum penaikan konsumsi domestik.

Apalagi, konsumsi domestik sempat menyumbang signifikan terhadap pemulihan ekonomi Inggris tahun lalu.

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Editor : Rustam Agus
Sumber : Bloomberg
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper