Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Perekonomian Spanyol Menguat, Produksi Sektor Industri Naik

Produksi industri Spanyol melesat ke level tertinggi selama lebih dari 4 tahun, mengindikasikan upaya Perdana Menteri Mariano Rajoy untuk melecut ekonomi Negeri Matador ini masih berlangsung.
Ilustrasi/Bisnis.com
Ilustrasi/Bisnis.com

Bisnis.com, MADRID - Produksi industri Spanyol melesat ke level tertinggi selama lebih dari 4 tahun, mengindikasikan upaya Perdana Menteri Mariano Rajoy untuk melecut ekonomi Negeri Matador ini masih berlangsung.

Badan Pusat Statistik Spanyol mencatat produksi perusahaan, pemurnian, dan pertambangan tumbuh 4,3% pada April tahun ini, setelah menyesuaikan dengan flkutuasi musiman dan hari kerja. Kenaikan tersebut melampaui estimasi Bloomberg News yaitu 1,2%.

“Data itu menggambarkan ekonomi Spanyol mulai mencapai momentum pertumbuhan. Kenaikan produksi industri itu akan mendukung pemulihan ekonomi zona euro,” kata Victor Echevarria, ekonom BNP Paribas SA di London, Jumat (6/6).

Sebelumnya, Rajoy memperkirakan ekspansi ekonomi 1,2% pada tahun ini akan membayar kontraksi ekonomi 1,2% pada tahun lalu. Pertumbuhan ekonomi tersebut merupakan hasil dari pemulihan permintaan domestik dan ekspor.

Pada masa pemerintahannya, Rajoy berkomitmen untuk memangkas pajak pada tahun mendatang guna melecut pertumbuhan di tengah rekor tingkat pengangguran yang mencapai 25,1% . Sejak menjabat 2011, Rajoy telah mengadopsi pengetatan fiskal selama 3 dekade.      

Bank of Spain, bank sentral Spanyol, mengemukakan pemulihan ekonomi negeri tersebut terus berlangsung dari kuartal II/2014 dan ditargetkan mampu pulih sepenuhnya pada kuartal akhir tahun ini.

 

  

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Editor : Sepudin Zuhri
Sumber : Bloomberg
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper