Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

KABUPATEN MALANG: Raih Piala Adipura 2014 Kategori Kota Kecil

Kabupaten Malang, Jawa Timur, kembali meraih penghargaan Piala Adipura pada 2014 untuk kategori kota kecil yakni Kota Kepanjen yang merupakan ibu kota kabupaten setempat.
Kabupaten Malang
Kabupaten Malang

Bisnis.com, MALANG - Kabupaten Malang, Jawa Timur, kembali meraih penghargaan Piala Adipura pada 2014 untuk kategori kota kecil yakni Kota Kepanjen yang merupakan ibu kota kabupaten setempat.

Kepala Badan Lingkungan Hidup (BLH) Kabupaten Malang, Tridiyah Maistuti, mengatakan rencananya piala tersebut akan diserahkan langsung oleh Wakil Presiden (Wapres) Boediono di Istana Wakil Presiden, Jalan Medan Merdeka Selatan No. 6 Jakarta Pusat, Kamis (5/6/2014).
 
“Kepastian Kabupaten Malang mendapat penghargaan Adipura tersebut disampaikan oleh Kementrian Lingkungan Hidup (Kemen LH) pada 3 Juni lalu melalui e-mail yang diterima oleh BLH Kabupaten Malang,” kata Tridiyah di Malang, Kamis (5/6/2014).
 
Menurutnya prestasi tersebut cukup membanggakan. Mengingat pada 2014  Kepanjen dapat meraih kembali Piala Adipura. Meski bukan Adipura Kencana, namun Kabupaten Malang masih bisa mempertahankan Piala Adipura untuk Kota Kepanjen dengan kategori kota kecil.
 
Begitu mendapat e-mail dengan nomor B-6210/SES/LH/PPM/06/2014 tentang Piala Adipura pihaknya langsung menyampaikannya kepada Bupati Malang Rendra Kresna.

“Begitu mendapatkan surat resmi dari Kementrian Lingkungan Hidup, saya langsung menyampaikan sendiri ke Bupati, agar bisa segera menerima penghargaan tersebut dari Wapres Boediono,” jelasnya.

Untuk meraih Piala Adipura, Kabupaten Malang harus melalui dua tahapan seleksi penilaian. Dalam tahap pertama harus mendapatkan nilai 71 poin. Sedangkan tahap kedua harus mendapatkan 75 poin. Jika pada seleksi pertama gugur berati tidak bisa ikut seleksi selanjutnya.
 
Keberhasilan Kabupaten Malang mempertahankan Piala Adipura tersebut menyusul adanya 51 titik pantau yang menjadi acuan penilain diantaranya pola hidup masyarakat yang bersih dengan membuang sampah pada tempatnya serta pembangunan taman puspa di jalur lingkar barat (jalibar).
 
“Dan yang paling menjadi perhatian khusus tim penilai adalah pemanfaatan Tempat Pembuangan Sampah (TPA) di Talangangung Kepanjen yang bisa mengubah sampah menjadi gas metan yang selanjutnya dimanfaatkan oleh 160 kepala keluarga (KK),” ujar dia.
 
Selain Piala Adipura, Kabupaten Malang juga mendapatkan mendapatkan Piala Adiwiyata Nasional. Untuk Adiwiyata Nasional diraih oleh SDN Panggungrejo 4 Kepanjen yang sudah diperoleh sejak 2011. Untuk mendapatkan piala tersebut pada tahun ini sangat ketat. Syaratnya harus mempunyai 10 downline atau sekolah binaan di bawahnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : M. Sofi’I

Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper