Cari berita
  • facebook
  • twitter
  • instagram
  • youtube
Bisnis.com

Konten Premium

Epaper Bisnis Indonesia tokotbisnis Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

PENGELOLAAN KEBERSIHAN LINGKUNGAN: Kendari Raih Adipura Kencana 2014

Pemerintah Kota Kendari, Sulawesi Tenggra (Sultra), berhasil meraih penghargaan piala Adipura Kencana 2014 dari Kementerian Lingkungan Hidup dalam hal pengelolaan kebersihan lingkungan.
News Editor
News Editor - Bisnis.com 05 Juni 2014  |  07:19 WIB
PENGELOLAAN KEBERSIHAN LINGKUNGAN: Kendari Raih Adipura Kencana 2014
Ilustrasi
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA -- Kementerian Lingkungan Hidup menyebutkan ada 15 kota di Indonesia sebagai peraih Adipura Kencana, salah satunya adalah Kota Kendari.

Pemerintah Kota Kendari, Sulawesi Tenggra (Sultra), berhasil meraih penghargaan piala Adipura Kencana 2014 dari Kementerian Lingkungan Hidup dalam hal pengelolaan kebersihan lingkungan.

Berdasarkan surat keputusan dari Kementerian Lingkungan Hidup Nomor:B-6209/SES/LH/PPM/06/2014 tertanggal 3 Juni 2014 menyebutkan bahwa terdapat 15 kota di Indonesia yang meraih Adipura Kencana mulai kategori Metropolitan, kota besar, kota sedang dan kota kecil, kata Wali Kota Kendari, Asrun di Jakarta, Kamis (5/6/2014).

Kota Kendari meraih adipura kencana kategori kota sedang bersama Kota Madiun, Tulungagung, Probolinggo, Magelang dan Jombang, kategori Metropolitan diraih Kota Surabaya, Kota Tanggerang dan Kota Palembang.

Peraih adipura Kencana kategori kota besar adalah Kota Malang dan Kota Balikpapan, dan peraih adipura kencana kategori kota kecil adalah Pati (Kabupaten Pati), Martapura (Kabupaten Banjar), Lamongan (Kabupaten Lamongan) dan Tuban (Kabupaten Tuban).

Adipura Kencana akan diserahkan oleh Wakil Presiden Indonesia, Budiono, di Istana Wapres hari ini, Kamis.

Wali Kota Kendari, Asrun, di Jakarta, sesaat sebelum menuju Istana Wapres untuk menerima adipura Kencana, Kamis pagi, mengatakan, untuk mendapatkan adipura kencana tersebut tidak cukup dengan hanya kebersihan kota, tetapi harus ada inovasi luar biasa yang dilakukan pemerintah dalam hal pengelolaan lingkungan.

"Inovasi yang kami lakukan adalah pengelolaan Tempat Pembuangan Akhir (TPA) sampah Puuwatu Kendari dengan cara memanfaatkan gas metan yang dihasilkan TPA Puuwatu menjadi sumber bahan bakar energi listrik," kata Asrun.

Gas metan tersebut kemudian digunakan oleh warga yang menghuni kampung mandiri energi di sekitar TPA Puuwatu untuk kebutuhan penerangan dan memasak sebagai pengganti gas elpiji.

Sebelumnya, Kota Kendari telah meraih adipura selama lima tahun berturut-turut dari tahun 2009, 2010, 2011, 2012 dan 2013. Kendari baru tahun 2014 bisa meriah adipura kencana.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

adipura

Sumber : Antara

Editor : Saeno
Bagikan

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Lainnya

Berita Terkini

back to top To top