Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

DEKLARASI CAWAPRES JOKOWI: Jokowi-JK Tiba di Gedung Joang, Pidato Politik Jokowi-JK

Beberapa jam lagi calon wakil presiden pendamping calon presiden PDI-Perjuangan Joko Widodo (Jokowi) beberapa jam lagi segera diumumkan.
   Gedung Joang'45, tempat berlangsungnya acara deklarasi Capres Jokowi-Cawapres JK/wikipedia
Gedung Joang'45, tempat berlangsungnya acara deklarasi Capres Jokowi-Cawapres JK/wikipedia
Live Timeline

Bisnis.com, JAKARTA - Beberapa jam lagi calon wakil presiden pendamping calon presiden PDI-Perjuangan Joko Widodo (Jokowi) segera diumumkan.

Menurut rencana acara deklarasi Calon Presiden Joko Widodo (Jokowi) dan Calon Wakil Presiden Jusuf Kalla (JK) akan dilakukan di Gedung Joang'45 pukul 11.00 WIB di Jalan Menteng Raya 31, Kelurahan Kebon Sirih, Kecamatan Menteng, Jakarta Pusat.

Mantan wakil presiden Jusuf Kalla (JK) saat ini sudah menuju menuju kediaman Ketua Umum PDI-Perjuangan Megawati Soekarnoputri di Jalan Teuku Umar.

Agenda Deklarasi Cawapres Jokowi:

  • Pukul 09.00 WIB Pertemuan Jokowi dengan empat ketua umum parpol pendukung capres Jokowi (PDI-P, NasDem, PKB, Hanura) ) di Jalan Teuku Umar.
  • Pukul 10.00 WIB Rencana deklarasi Cawapres Jusuf Kalla (JK) di Gedung Joang 45.
  • Pukul 11.00 WIB Pertemuan Capres Jokowi-Cawapres JK dengan seluruh fungsionaris empat parpol pendukung koalisi PDI-P.
  • Pukul 13.00 WIB Pendaftaran Capres Jokowi-Cawapres JK ke gedung KPU, berangkat dari kediaman Ketua Umum PDI-P Megawati Soekarnoputri di Jalan Teuku Umar, Menteng, Jakarta Pusat.
13:11 WIB
Twitter Jokowi: Alhamdulillah Bapak Jusuf Kalla Bersedia Dampingi Saya

Dalam akun Twitter-nya, Capres PDI-P Joko Widodo (Jokowi) menyampaikan apresiasi atas kesediaan Jusuf Kalla (JK) menjadi cawapresnya.
"Allhamdullilah, akhirnya pada hari ini Bpk. Jusuf Kalla berkenan mendampingi saya sebagai cawapres untuk membangun negeri kita tercinta".

12:14 WIB
Jokowi-JK Tinggalkan Gedung Joang Menuju Teuku Umar

Acara berakhir, Capres Jokowi-Cawapres JK meninggalkan Gedung Joang menuju rumah Ketua Umum PDI-P Megawati Soekarnoputri di Jalan Teuku Umar, untuk selanjutnya pukul 14.00 WIB mendaftar ke Gedung KPU.

12:11 WIB
Acara Diakhiri dengan Doa oleh Hamka Haq

Acara diakhiri dengan pembacaan doa oleh Ustad Hamka Haq, Ketua Baitul Muslimin (sayap keagamaan PDI-P).

12:07 WIB
Acara Diselingi Foto Bersama Jokowi-JK

Acara diselingi dengan foto bersama Capres Jokowi dan istri Iriana, Cawapres JK dan istri Mufidah, menyapa para hadirin yang memenuhi halaman Gedung Joang'45.

12:04 WIB
Cawapres JK: Saya Siap Dampingi Pak Joko Widodo

Capres Jokowi mempersilahkan cawapresnya JK untuk memberikan sambutan. "Terima kasih atas amanah ini. Saya siap mendampingi Bapak Joko Widodo dengan ikhtiar kerja keras, untuk kebesaran, kemajuan dan kemakmuran bangsa ini".

12:02 WIB
Capres Jokowi: Tadi Malam Telah Diputuskan Cawapres Saya Adalah Jusuf Kalla

Capres Jokowi menyampaikan pidato politik. "Setelah berdiskusi dengan pimpinan parpol koalisi dan tentu saja berdiskusi dengan Ibu Megawati Soekarnoputri, tdTadi malam diputuskan, cawapres mendampingi saya adalah Bapak Haji Mohammad Jusuf Kalla"

12:01 WIB
Jokowi Sampaikan Pidato Politik

Capres Jokowi didampingi Cawapres Jusuf Kalla beberapa saat lagi menyampaikan pidato politiknya.

11:58 WIB
Lagu Indonesia Raya Bergema

Acara deklarasi dilanjutkan dengan menyanyikan lagu Indonesia Raya.

11:53 WIB
Panggilan Sholat Dhuhur Menggema, Acara Diskors Sementara

Azan sholat Dhuhur berkumandang, acara deklarasi diskors sementara. Riyeke Dyah Pitaloka yang memandu acara, mempersilahkan Jokowi-JK dan istri masing-masing duduk kembali.

11:48 WIB
Acara Diawali dengan Lagu Indonesia Pusaka

Acara deklarasi dimulai, diawali dengan menyanyikan lagu Indonesia Pusaka, dipandu oleh penyanyi Edo Kondolongit.

11:42 WIB
Jokowi-JK Sudah Tiba di Gedung Joang

Capres Jokowi dan Cawapres JK didampingi istri masing-masing Iriana dan Mufidah, telah tiba di Gedung Joang'45, beberapa saat lagi acara deklarasi akan dimulai.

11:33 WIB
Sebelum Deklarasi, Jokowi-JK Makan Siang Bareng

Capres Jokowi-Cawapres JK mampir dulu makan siang bersama di warung soto Betawi H.Ma'ruf, tidak jauh dari Gedung Joang'45.

11:19 WIB
Puan Maharani: Saya Hormati Putusan Partai Pilih Jokowi-JK

Ketua DPP PDI-P Puan Maharani: Saya menghormati apa yang telah diputuskan partai, kombinasi Jokowi-JK merupakan pasangan yang saling melengkapi diantara keduanya.

11:11 WIB
Jokowi-JK Gowes Dari Teuku Umar ke Gedung KPU

Menurut rencana setelah dari acara deklarasi di Gedung Joang'45, pasangan Capres Jokowi-Cawapres JK akan kembali ke rumah Ketua Umum PDI-P Megawati Soekarnoputri di Jalan Teuku Umar, untuk selanjutnya dengan menggunakan sepeda (gowes) menuju Gedung KPU untuk mendaftar.

10:49 WIB
Capres Jokowi: Saya Pamit Dulu ke Gedung Joang\'45

Capres PDI-P Jokowi: Setelah konsultasi dengan parpol pengusung dan konsultasi dengan Ketua Umum PDI-P Megawati Soekarnoputri, kami sudah putuskan calon wakil presiden, sekarang saya pamitan dulu menuju ke Gedung Joang dulu untuk deklarasi. 

10:35 WIB
Parpol Pengusung Jokowi-JK Teken Dokumen Dukungan

Penandatanganan berkas kelengkapan administrasi berupa dukungan partai politik pengusung capres Jokowi dan cawapres JK.

10:21 WIB
Panda Nababan: Jokowi-JK, Tidak Akan Ada Matahari Kembar

Tokoh senior PDI-P Panda Nababan mengatakan calon wakil presiden Jusuf Kalla (JK) yang akan mendampingi calon presiden Joko Widodo (Jokowi) akan lebih mengendalikan diri dalam menjalankan roda pemerintahan lima tahun ke depan. "Tidak akan ada matahari kembar, matahari hanya satu. JK pasti akan menyesuaikan diri," ujarnya.

10:17 WIB
Panda Nababan: Jokowi-JK Mirip Pasangan Obama-Bidden

Tokoh senior PDI-P Panda Nababan menilai pasangan Jokowi-JK diasoasikan seperti pasangan Presiden AS Barack Obama dan Wakil Presiden Joe Biden.

10:10 WIB
Persiapan Deklarasi Bergabungnya Hanura

Sebelum deklarasi pasangan capres Jokowi dan cawapres JK, acara didahului dengan prosesi deklarasi bergabungnya Partai Hati Nurani Rakyat (Hanura) dalam koalisi PDI-Perjuangan.

09:55 WIB
JK: Mohon doa seluruh rakyat Indonesia, Salam Indonesia Hebat!

Dalam akun pribadinya di Twitter, Cawapres PDI-P Jusuf Kalla mengirimkan pesan kepada segenap rakyat Indonesia: Bismillah ... Mohon doanya dari Seluruh Masyarakat Indonesia. Salam Indonesia Hebat !

09:50 WIB
Megawati Berdiskusi dengan Surya Paloh, Wiranto, Cak Imin

Ketua Umum PDI-Perjuangan Megawati Soekarnoputri didampingi oleh Ketua Badan Pemenangan Pemilu PDI-P Puan Maharani, sedang berdiskusi dengan calon presiden Joko Widodo (Jokowi), Surya Paloh, Wiranto, Muhaimin Iskandar (Cak Imin).

09:41 WIB
Jokowi-JK Bakal Gowes, Enam Sepeda Telah Disiapkan

Sebuah mobil yang mengiringi mobil cawapres JK membawa serta 6 buah sepeda yang rencananya akan digunakan menuju Gedung Komisi Pemilihan Umum.

09:37 WIB
Bendera Golkar Tak Dipajang di Gedung Joang\'45

Sebuah mimbar telah disiapkan di depan Gedung Joang'45, selain bendera merah putih, terpampang 4 bendera partai politik pendukung calon presiden Joko Widodo (Jokowi) dan calon wakil presiden Jusuf Kalla (JK) yakni PDI-Perjuangan, Partai Nasional Demokrat (NasDem), Partai Keadilan Bangsa (PKB), Partai Hati Nurani Rakyat (Hanura).

09:25 WIB
JK Belum Tiba di Teuku Umar

Mantan wakil presiden Jusuf Kalla sudah setengah jam lalu meninggalkan rumahnya di Jalan Brawijaya Jakarta Selatan, namun saat ini belum tiba di Teuku Umar.

 

09:22 WIB
Jokowi Sudah Berada di Rumah Megawati

Capres Joko Widodo (Jokowi), Surya Paloh, Wiranto, sudah berada di rumah Megawati di Jalan Teuku Umar, Menteng, Jakarta Pusat.

09:08 WIB
Sekilas Sosok Jusuf Kalla

Koalisi partai politik pendukung PDI-Perjuangan sepakat memilih mantan wakil presiden Jusuf Kalla (JK) sebagai calon wakil presiden pendamping calon presiden Joko Widodo (Jokowi).

Wakil Presiden Indonesia ke-10 periode 2004-2009 ini bernama lengkap Muhammad Jusuf Kalla, lahir 15 Mei 1942 di Watampone, Kabupaten Bone, Sulawesi Selatan. Pada saat menjabat wapres ketika itu, JK memimpin Partai Golongan Karya.

Selama duduk di pemerintahan, JK dikenal memiliki setumpuk prestasi, diantaranya perannya saat menjadi menteri koordinator bidang kesejahteraan rakyat saat Megawati Soekarnoputri menjadi presiden, menyelesaikan sejumlah konflik di negeri ini yakni di Aceh, Ambon, Poso, Papua.

Jusuf Kalla menikah dengan Hj. Mufidah Jusuf, dianugerahi seorang putera dan empat puteri serta sembilan cucu. Setelah purna tugas dari jabatan kenegaraan, JK mengabdikan diri di berbagai organisasi sosial kemasyarakatan diantaranya terpilih sebagai Ketua Umum Palang Merah Indonesia (PMI) pada Munas PMI ke XIX untuk periode 2009-2014, terpilih sebagai Ketua Umum Pimpinan Pusat Dewan Masjid Indonesia (DMI) dalam Muktamar VI DMI untuk periode 2012-2017.

JK mendapat beberapa gelar kehormatan Doktor Honoris Causa (HC) diantaranya Doktor HC dari Universiti Malaya Malaysia di bidang ekonomi 21 Juli 2007, Doktor HC di bidang perdamaian dari Soka University Jepang pada 2 Februari 2009, Doktor HC di bidang Pendidikan Kewirausahaan dari Universitas Pendidikan Indonesia pada 17 Maret 2011, Doktor HC di bidang ekonomi politik dari Universitas Hasanuddin Makasar pada 10 September 2011.

Kemudian, Doktor HC di bidang perdamaian dari Universitas Syah Kuala Aceh pada 12 September 2011, Doktor HC di bidang pemikiran ekonomi dan bisnis dari Universitas Brawijaya Malang pada 8 Oktober 2011, dan Doktor HC dibidang kepemimpinan dari Universitas Indonesia pada 9 Februari 2013.

09:04 WIB
Surya Paloh Tiba di Teuku Umar

Ketua umum Partai Nasional Demokrat (NasDem) Surya Paloh baru saja tiba di Teuku Umar.

08:57 WIB
JK Tiba di Rumah Megawati

Jusuf Kalla baru saja tiba di kediaman Megawati Soekarnoputri di Jalan Teuku Umar, Menteng, Jakarta Pusat

08:23 WIB
Gedung Joang\'45 Bersiap Sambut Jokowi-Jusuf Kalla

Sejumlah petugas sudah bersiap-siap di Gedung Joang'45 atau Museum Joang 45 di Jalan Menteng Raya 31, Kelurahan Kebon Sirih, Kecamatan Menteng, Jakarta Pusat.

Setelah dilakukan renovasi, museum ini diresmikan pada 1974 oleh Presiden Soeharto.

Jejak perjuangan kemerdekaan RI ada di museum ini, termasuk koleksi benda-benda bersejarah peninggalan para pejuang RI diantaranya mobil dinas resmi Presiden Soekarno (REP 1) dan Wakil Presiden Hatta (REP 2).

"Menurut jadwal acara deklarasi akan dilaksanakan pukul 11.00 WIB," kata seorang petugas di Gedung Joang'45.

08:17 WIB
Jusuf Kalla Sudah Tinggalkan Kediaman

Mantan wakil presiden Jusuf Kalla (JK) disertai sejumlah orang dekatnya sudah meninggalkan kediamannya di Jalan Brawijaya, Jakarta Selatan.


Penulis : Yusran Yunus
Editor : Yusran Yunus
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper