Cari berita
  • facebook
  • twitter
  • instagram
  • youtube
Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia tokotbisnis Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Warga Rohingya Butuh Aksi Kemanusiaan

Tragedi kemanusiaan di Myanmar sudah hampir 2 tahun berlalu sejak Juni 2012, tepatnya di negara bagian Arakan. Konflik ini menyebabkan permasalahan kemanusiaan yang membutuhkan respon dan bantuan dari dunia internasional.
Rahmayulis Saleh
Rahmayulis Saleh - Bisnis.com 14 Mei 2014  |  08:13 WIB
Warga Rohingya Butuh Aksi Kemanusiaan
Pengungsi Rohingya, Myanmar. Butuh aksi kemanusiaan - Reuters
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA--Tragedi kemanusiaan di Myanmar sudah hampir 2 tahun berlalu sejak Juni 2012, tepatnya di negara bagian Arakan. Konflik ini menyebabkan permasalahan kemanusiaan yang membutuhkan respon dan bantuan dari dunia internasional.

Dampak dari konflik komunal tersebut lebih dari 70 orang meninggal dunia, lebih dari 3.000 bangunan rusak. Hampir 60.000 orang kehilangan tempat tinggal, termasuk infrastruktur seperti masjid, rumah, sekolah telah rusak. Sebagian besar dari mereka adalah etnis Rohingya,

Untuk membantu mencari solusi yang dihadapi Miyanmar tersebut, Lembaga Kemanusiaan Nasional PKPU (Pos Keadilan Peduli Umat) dan Dompet Dhuafa sebagai anggota South East Asia Humanitarian Committee (SEAHUM) di Indonesia,  mengadakan dialog kemanusiaan.

Agung Notowiguno, Presiden SEAHUM Committee, mengatakan dialog yang dihadiri anggota Humanitarian Forum Indonesia, dan perwakilan lintas agama itu, bertujuan untuk mengetahui update terakhir kondisi di Myanmar.

“Khususnya  tentang permasalahan dan sumberdaya yang ada, dan sharing pembelajaran  terhadap aktivitas kemanusiaan yang telah dilakukan di Myanmar,” ujar Agung dalam rilis PKPU pagi ini, Rabu (14/5/14).

Dialog itu, katanya, juga untuk menyamakan sikap dan persepsi terhadap krisis kemanusiaan yang terjadi di Myanmar, dan mencari solusi terhadap krisis kemanusiaan di negeri tersebut.

Muhammad Kaimudin dari PKPU menambahkan sejak September 2012 sampai Maret 2014,  PKPU sudah melaksanakan 11 misi bantuan kemanusiaan ke Rohingya.

“Kami sudah menyalurkan bantuan dasar untuk para pengungsi di Rohingya, mulai dari bantuan shelter, air bersih dan makanan,” ujar Kaimudin.

Dia menuturkan dengan diadakannya dialog kemanusiaan yang diadakan di Jakarta, Selasa (13/5/14) ini, diharapkan bisa menghasilkan saran atau usulan mengenai formula yang pas untuk membantu para survivor di Rohingya, Myanmar.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

kemanusiaan
Editor : Ismail Fahmi
Bagikan

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Lainnya

Berita Terkini

back to top To top