Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Suplai Listrik di Sistem Mahakam Juni Bakal Stabil

Suplai energi listrik di Sistem Mahakam yang melayani Balikpapan, Samarinda dan Tenggarong diperkirakan stabil pada Juni, seiring dengan masuknya suplai daya dari pembangkit di Senipah.
Rachmad Subiyanto
Rachmad Subiyanto - Bisnis.com 30 April 2014  |  17:07 WIB

Bisnis.com, BALIKPAPAN - Suplai energi listrik di Sistem Mahakam yang melayani Balikpapan, Samarinda dan Tenggarong diperkirakan stabil pada Juni, seiring dengan masuknya suplai daya dari pembangkit di Senipah.

General Manager PT PLN Kalimantan Timur dan Utara Machnizon Masri mengatakan ada keterlambatan jadwal dari penyelesaian pembangkit di PLTG Senipah yang memiliki daya 2 x 41 MW. Dia mengaku penyelesaian percepatan pembangunan pembangkit dilakukan oleh swasta yang dayanya nanti akan dibeli oleh PLN.

“Perkiraan kami bisa masuk ke Sistem Mahakam pada Juni. Kalau sudah masuk akan menambah daya mampu kita sehingga bisa lebih aman,” ujarnya kepada wartawan, Rabu (30/4/2014).

Saat ini, daya mampu yang dimiliki oleh pembangkit di Sistem Mahakam mencapai sekitar 300 MW. Sementara itu, beban puncak yang terjadi saat malam hari bisa mencapai 350 MW.

Untuk mensiasati hal tersebut, PLN mengeluarkan kebijakan kepada pelanggan besar (captive) untuk keluar dari sistem ketika beban puncak terjadi yakni pada pukul 17.00 hingga pukul 22.00. Apabila masih kurang, pihaknya terpaksa harus melakukan pemadaman untuk pelanggan rumah tangga.


Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

pasok listrik
Editor : Martin Sihombing

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!

BisnisRegional

To top