Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Apindo Bekasi: Agenda Hari Buruh Cukup Sehari

Perayaan hari buruh menjadi hari libur nasional sudah menjadi kerugian bagi pelaku usaha. Aktivitas peringatan hari buruh lebih baik dipusatkan pada tanggal 1 Mei
David Eka Issetiabudi
David Eka Issetiabudi - Bisnis.com 30 April 2014  |  08:54 WIB
 Ilustrasi - Bisnis
Ilustrasi - Bisnis

Bisnis.com, BEKASI— Perayaan hari buruh menjadi hari libur nasional sudah menjadi kerugian bagi pelaku usaha. Aktivitas peringatan hari buruh lebih baik dipusatkan pada tanggal 1 Mei.

Asosiasi Pengusaha Indonesia (Apindo) Kota Bekasi lewa ketuanya, Purnomo Nurmaidi mengatakan, para pengusaha akan sangat merugi jika buruh menggunakan hari kerja untuk memperingati hari buruh dengan berbagai aksinya.

“Tahun ini may day sudah ditetapkan menjadi libur nasional, harusnya dimanfaatkan pada hari itu” ungkapnya pada Bisnis.

Dia mengatakan jika agenda hari buruh dirayakan pada hari kerja, perusahaan akan mengalami kerugian ganda.

“Produksi harus turun karena menjadi libur nasional, kalau tanggal 2 juga harus bolos dan kita harus membayar kan double ruginya kan?” tambahnya.

Purnomo menilai saat ini pemerintah sudah mengakomodasi keinginan pekerja untuk menjadikan may day sebagai hari buruh. “Sekarang sudah diwujudkan harusnya sudah lebih baik.” 

Sementara itu, Mansyur Ahmad selaku wakil ketua Serikat Pekerja Seluruh Indonesia (SPSI) Bekasi mengatakan tahun 2014 menjadi sejarah karena pemerintah memutuskan may day menjadi libur nasional. “Karena itu kita melakukan aktivitas yang lebih berbau sosial dan bermanfaat untuk sekitar.”

Mansyur  mengerti jika aktivitas masif buruh seperti long march dan orasi diadakan pada hari kerja akan merugikan perusahaan. Untuk itu SPSI mengimbau para pekerja mengerti momentum hari buruh sebagai bagian perjuangan.

SPSI bekasi sebagai salah satu wilayah yang jumlah anggotanya melebihi 200.000 pekerja untuk menjalin komunikasi yang baik dengan pihak perusahaan. 

 


Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

buruh apindo
Editor : Linda Teti Silitonga

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!

BisnisRegional

To top