Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Bansos Pendidikan Madrasah Capai Rp196 Miliar

Kementerian Agama menyiapkan lebih dari Rp196 miliar untuk anggaran bantuan sosial madrasah tingkat ibtidaiyah (MI), tsanawiyah (MTs), dan aliyah (MA).
Rustam Agus
Rustam Agus - Bisnis.com 28 April 2014  |  07:02 WIB
Ilustrasi - JIBI
Ilustrasi - JIBI

Bisnis.com, JAKARTA--Kementerian Agama menyiapkan lebih dari Rp196 miliar untuk anggaran bantuan sosial madrasah tingkat ibtidaiyah (MI), tsanawiyah (MTs), dan aliyah (MA).
 
Direktorat Pendidikan  Madrasah (Ditpenma) Kemenag menyatakan program bantuan sosial itu mencakup penguatan kelembagaan, peningkatan kapasitas tenaga pengajar, serta bantuan beasiswa.

Untuk penguatan kelembagaan misalnya, telah disediakan bantuan upgrading akreditasi madrasah, pembangunan perpustakaan, laboratorium, dan rehab ruang kelas.

Untuk meningkatkan kualifikasi dan kompetensi tenaga pendidik, Ditpenma juga  menyiapkan bantuan belajar S1 (strata 1) bagi guru madrasah.

Adapun bagi para siswa madrasah yang berprestasi, sudah disiapkan Bantuan Beasiswa Bakat dan Prestasi bagi siswa MTs dan MA.

“Bansos Ditpenma diprioritaskan bagi program peningkatan kualifikasi berupa bantuan belajar S1 bagi guru Madrasah,” kata Direktur Pendidikan Madrasah M. Nur Kholis Setiawan seperti dikutip lama Kemenag, akhir pekan lalu..

Selain itu, disediakan juga bansos pembangunan perpustakaan MTs dan MA agar bisa memenuhi standar pelayanan minimal pendidikan

Bansos, lanjut Nur Kholis, juga telah disiapkan untuk Program Upgrading Akrditasi.

Tujuan dari program ini adalah memperkuat kelembagaan satuan pendidikan agar bisa memenuhi standar pendidikan sebagaimana diatur dalam PP No 19 tahun 2005 tentang Standar Nasional Pendidikan (SNP).

“Bantuan rehab juga penting dan telah disiapkan mengingat sarana fisik madrasah masih perlu banyak dibantu pembenahannya,” kata M. Nur Kholis Setiawan.


Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

kemenag bansos madrasah
Editor : Rustam Agus

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!

BisnisRegional

To top