Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

PENCARIAN MH370, AS: Butuh Waktu Bertahun-Tahun untuk Menemukan Malaysia Airlines

Pencarian pesawat MH370 bakal membutuhkan waktu bertahun-tahun, karena hingga saat ini tidak ada satu pun puing jet penumpang Malaysia Airlines yang hilang pada 8 Maret 2014.
Sepudin Zuhri
Sepudin Zuhri - Bisnis.com 25 April 2014  |  14:08 WIB
Kendaraan Otomatis Bluefin-21 dijulurkan ke sisi Kapal Pertahanan Australia Perisai Samudra di selatan Samudera Hindia dalam pencarian Malaysia Airlines MH370 yang dihilang, seperti dirilis Angkatan Pertahanan Australia, 17 April 2014.  - Reuters
Kendaraan Otomatis Bluefin-21 dijulurkan ke sisi Kapal Pertahanan Australia Perisai Samudra di selatan Samudera Hindia dalam pencarian Malaysia Airlines MH370 yang dihilang, seperti dirilis Angkatan Pertahanan Australia, 17 April 2014. - Reuters

Bisnis.com, SYDNEY - Pencarian pesawat MH370 bakal membutuhkan waktu bertahun-tahun, karena hingga saat ini tidak ada satu pun puing jet penumpang Malaysia Airlines yang hilang pada 8 Maret 2014.

Pejabat senior Kementerian Pertahanan AS yang enggan disebutkan identitasnya mengatakan upaya pencarian puing Boeing 777 di dasar laut Samudera Hindia (sebelah barat Australia) sudah dinyatakan gagal.

Menurutnya, selama dua minggu menjelajahi dasar dari Samudera Hindia dengan Angkatan Laut AS submersible drone tidak ada puing-puing MH370 yang ditemukan.

Dia mengatakan pencarian untuk pesawat jet -yang menghilang pada 8 Maret dengan 239 orang di dalamnya- kini akan memasuki fase jauh lebih sulit, karena bakal melalui daerah laut yang lebih luas.

"Kami semua mencari pada daerah yang relatif sempit dan tidak menemukan apa-apa. Sekarang Anda harus kembali ke daerah [lokasi pencarian] yang lebih besar," kata pejabat itu kepada Reuters.

"Dan sekarang Anda sedang berbicara tahunan [pencarian butuh waktu bertahun-tahun]," katanya.

Kapal selam tanpa awak Bluefin -21 diharapkan pada hari ini untuk menyelesaikan apa yang mungkin menjadi yang terakhir dari pencarian itu selama 16 jam untuk menyisir dasar laut seluas 10 km persegi.

Bluefin telah menyisir hampir 95% dari wilayah yang ditargetkan, tetapi belum ada hasil apapun.


Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

MH370

Sumber : Reuters

Editor : Sepudin Zuhri

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!

BisnisRegional

To top