Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Waspada, Riau Akan Dilanda Cuaca Ekstrem

Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Stasiun Pekanbaru memprediksi sebagian besar wilayah Riau berpotensi dilanda hujan disertai angin kencang pada akhir April hingga Mei 2014.
Rio Sandy Pradana
Rio Sandy Pradana - Bisnis.com 24 April 2014  |  14:28 WIB
Cuaca ekstrim. Akan melanda Riau - Antara
Cuaca ekstrim. Akan melanda Riau - Antara

Bisnis.com, PEKANBARU--Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Stasiun Pekanbaru memprediksi sebagian besar wilayah Riau berpotensi dilanda hujan disertai angin kencang pada akhir April hingga Mei 2014.

Analis BMKG Stasiun Pekanbaru Ahmad Agus Widodo mengatakan hujan tersebut bisa diikuti oleh pembentukan angin puting beliung dan petir.

"Pada periode tersebut merupakan masa peralihan musim. Ini bisa memicu terjadinya cuaca ekstrem," ujarnya,  Kamis (24/4/2014).

Dia menambahkan dalam masa peralihan tersebut biasanya memang sering terjadi peristiwa ekstrim termasuk hujan disertai angin kencang dan petir.

Pihaknya mengimbau masyarakat untuk mewaspadai kondisi tersebut dengan tidak berada di bawan pepohonan ketika cuaca ekstrim melanda. Ciri-cirinya cuaca ekstrem adalah ketika terjadi pembentukan awan hitam yang tebal.

Pembentukan awan colombus, lanjutnya, berpotensi menyebabkan terjadinya hujan dengan durasi lama dan intensitas tinggi.

"Hari ini saja, menurut analisa kami, sebagian wilayah Riau meliputi Kabupaten Pelalawan, Bengkalis dan Rokan Hilir serta Kota Dumai tengah dilanda hujan dengan intensitas ringan-sedang," ujarnya.


Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

riau
Editor : Ismail Fahmi

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!

BisnisRegional

To top