Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Jepang-AS Masih Gantung Kesepakatan Perdagangan

Bisnis.com, TOKYO Selasa (22/4), sehari sebelum presiden Amerika Serikat Barack Obama berkunjung, pemerintah Jepang menyampaikan masih ada cara yang dapat dilakukan sebelum mencapai kesepakatan perdagangan dengan AS.
Dara Aziliya
Dara Aziliya - Bisnis.com 23 April 2014  |  00:12 WIB
Hiroshi Oe (kanan) dan Representatif Bidang Perdagangan US, Wendy Cutler  -  Reuters
Hiroshi Oe (kanan) dan Representatif Bidang Perdagangan US, Wendy Cutler - Reuters

berkunjung,  pemerintah Jepang menyampaikan masih ada cara yang dapat dilakukan sebelum mencapai kesepakatan perdagangan dengan AS.

Kesepakatan antara AS-Jepang dinilai penting untuk kemitraan Trans Pasifik (Trans-Pacific Partnership-TPP) yang akan membentang dari Asia hingga ke Amerika Latin. Kesepakatan TPP adalah kebijakan sentral Obama untuk memperluas kehadiran AS di perdagangan Asia.

Perdana Menteri Jepang Shinzo Abe juga telah menyebut TPP sebagai elemen utama dari kebijakan ekonominya untuk meningkatkan pertumbuhan dan menyudahi ekonomi Jepang yang stagnan.

Dalam beberapa hari, pembicaraan mengenai TPP terus terdengar, namun para pejabat dari kedua pihak seolah mengecilkan kemungkinan untuk mencapai kesepakatan tersebut  sebelum kunjungan Obama di Jepang. Hal ini menimbulkan keraguan tentang tindak lanjut penyusunan pakta perdagangan tersebut.

“Kami masih memiliki beberapa hal yang belum didiskusikan,” kata Kepala Negosiasi Jepang, Hiroshie Oe di Tokyo.

AS pada dasarnya ingin Jepang membuka hasil beras, daging sapi dan babi, susu, serta gula. Produk-produk yang merupakan sektor-sektor penting yang Abe berjanji akan terus dipertahankan.

Sementara itu Jepang ingin AS menurunkan 2,5% tarif pada impor kendaraan jenis mobil penumpang dan 25% pada truk ringan.

Menteri Ekonomi Jepang Akira Amari menyampaikan, kesepakatan antara kedua negara tersebut mungkin akan diumumkan pada pertemuan Abe dan Obama pekan ini. Obama dijadwalkan akan terus berada di Tokyo hingga Jumat mendatang.


Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

ekonomi jepang

Sumber : reuters.com

Editor : Martin Sihombing

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!

BisnisRegional

To top