Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

XL Targetkan Pelanggan di KTI Naik 50%

PT XL Axiata Tbk. North Region tahun ini menargetkan pertumbuhan pelanggan di Kawasan Timur Indonesia (KTI) sebesar 50% dari jumlah saat ini 3,7 juta pelanggan.
Thomas Mola
Thomas Mola - Bisnis.com 21 April 2014  |  16:38 WIB
Pelanggan XL dari kalangan perempuan sangat banyak.  - bisnis.com
Pelanggan XL dari kalangan perempuan sangat banyak. - bisnis.com

Bisnis.com, MAKASSAR - PT XL Axiata Tbk. North Region tahun ini menargetkan pertumbuhan pelanggan di Kawasan Timur Indonesia (KTI) sebesar 50% dari jumlah saat ini 3,7 juta pelanggan.

XL menyasar pelanggan layanan data yang diklaim terus bertumbuh sejalan dengan penetrasi ponsel pintar di Sulawesi, Maluku, Papua (Sulampua), dan Kalimantan.

VP XL North Region Francky Rinaldo Pakpahan mengatakan manajemen akan menyasar masyarakat yang memiliki dua ponsel untuk menjadikan XL sebagai nomor kedua.

Menurutnya, dengan menjadi nomor kedua rata-rata pelanggan menggunakan layanan data, sehingga hal itu turut mendongkrak penjualan XL.

“Sudah banyak orang yang memiliki dua ponsel sehingga kami targetkan pelanggan bisa bertumbuh 50%. Kami harapkan XL menjadi pilihan untuk nomor kedua,” ujarnya di Makassar, Senin (21/4/2014).

Francky menuturkan 60% dari total pelanggan XL di North Region merupakan penguna layanan. Dia mengklaim XL memiliki layanan data berkualitas dengan harga terjangkau, karena XL sudah menggelar 3G di seluruh Indonesia.

Namun, dia tidak membantah jika layanan XL di beberapa daerah masih belum optimal. Oleh sebab itu, lanjutnya, XL akan berinvestasi untuk menambah jumlah BTS, khususnya di remote area. Penambahan BTS ditargetkan dapat meningkatkan jumlah pelanggan untuk layanan suara, pesan, dan data.

Penambahan BTS itu akan dilakukan secara bertahap, sehingga daerah cakupan jaringan XL semakin luas dan dapat meningkatkan kualitas layanan. Hingga akhir tahun kemarin, XL di North Region memiliki 3.500 BTS yang tersebar mulai dari Kalimantan hingga Papua.

“Saya tidak ingat jumlah persis penambahan BTS kami, tetapi yang pasti setiap semester kami tambahkan khususnya di remote area,” ujarnya.

Adapun, bertepatan dengan Hari Kartini, semua kantor XL di North Region menggelar temu pelanggan dari kalangan perempuan. Temu pelanggan itu bertujuan mendengar masukkan pelanggan sehingga XL dapat memperbaiki kualitas layanan sesuai dengan kebutuhan pelanggan.

Francky mengatakan beberapa keluhan pelanggan antara lain kualitas jaringan data XL khususnya di pinggiran kota yang dinilai belum memadai. Selain itu, terdapat beberapa tempat juga yang belum terjangkau layanan XL.

“Pelanggan XL dari kalangan perempuan sangat banyak. Kalau mereka puas dengan layanan XL, mereka bisa promosikan XL kepada kenalan dan keluarga mereka,” tambahnya.


Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

xl axiata
Editor : Fatkhul Maskur

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!

BisnisRegional

To top