Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Caleg Kalah Kerahkan Massa, Duduki Kantor Kecamatan

Calon anggota legislatif di Kabupaten Nabire, Papua, yang kalah pada Pemilu, 9 April 2014, mengerahkan massa untuk menduduki kantor distrik atau setingkat kecamatan di wilayah setempat.
News Editor
News Editor - Bisnis.com 20 April 2014  |  07:00 WIB
Proses rekapitulasi suara berjalan lancar dan aman.  - bisnis.com
Proses rekapitulasi suara berjalan lancar dan aman. - bisnis.com

Bisnis.com, JAYAPURA - Calon anggota legislatif di Kabupaten Nabire, Papua, yang kalah pada Pemilu, 9 April 2014, mengerahkan massa untuk menduduki kantor distrik atau setingkat kecamatan di wilayah setempat.

Salah seorang warga Kelurahan Bumi Wonoreja, Distrik Nabire, Valentine Wayar kepada Antara di Jayapura melalui telepon seluler, Minggu mengatakan massa yang dikerahkan oleh caleg kalah juga menduduki kantor kelurahan.

Sebagian massa caleg kalah itu di antaranya mengancam akan membakar kantor distrik dan kelurahan jika caleg yang dijadokannya tidak menang.

"Sebagian besar massa caleg kalah fokus menduduki Kantor Distrik Nabire karena baru rekap suara tingkat distrik pada Sabtu (19/4/2014). Mereka memenuhi halaman kantor distrik," ujarnya.

Kebanyakan di antara mereka (massa), kata dia, memegang senjata tajam seperti pisau dan parang pendek. Senjata tajam itu umumnya diselipkan di dalam baju.

Menurut dia, dari tindakan itu, suasana Kota Nabire menjadi tegang. Warga Nabire waspada dan memutuskan tidak keluar rumah, sehingga aktivitas Kota Nabire lengang tidak seperti biasanya.

Micky, ketua Panwas Nabire di Jayapura melalui telepon seluler mengatakan, massa caleg kalah juga memadati tempat pemungutan suara. Sebagian dari mereka berencana mengancam ketua KPPS dan petugas TPS.

"Bahkan rumah ketua KPU Nabire juga direncanakan dibakar. Tempat-tempat umum juga ditempati massa caleg kalah," ujarnya.

Meski demikian, aparat kepolisian bersenjata lengkap sudah menyebar di sejumlah tempat yang diduduki massa. Baracuda juga terparkir di mana-mana guna mengantisipasi kericuan.

Dia menambahkan meski demikian tidak mengganggu rekapitulasi suara yang berlangsung di tingkat distrik. Proses rekapitulasi suara berjalan lancar dan aman.


Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

pileg 2014

Sumber : Antara

Editor : Fatkhul Maskur

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!

BisnisRegional

To top