Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Jika Koalisi Bagi-bagi Kursi, Demokrasi Indonesia Bisa Gagal

Partai-partai politik yang akan melakukan koalisi diimbau untuk tidak hanya melandaskan pada pembagian kursi kekuasaan. Jika itu masih dilakukan, Indonesia bisa masuk dalam fase negara gagal.
Kurniawan Wicaksono
Kurniawan Wicaksono - Bisnis.com 20 April 2014  |  16:20 WIB
Ilustrasi
Ilustrasi

Bisnis.com, JAKARTA -- Partai-partai politik yang akan melakukan koalisi diimbau untuk tidak hanya melandaskan pada pembagian kursi kekuasaan. Jika itu masih dilakukan, Indonesia bisa masuk dalam fase negara gagal.

Peringatan ini disampaikan Kordinator Institut Hijau Indonesia (IHI) Chalid Muhammad dalam diskusi "Dekrit Rakyat Indonesia Tuntaskan 10 Agenda Bangsa" di Jakarta, Minggu (20/4/014).

"Jika hanya mementingkan masalah bagi-bagi kursi, apatisme pada pemilu 2019 nanti akan lebih besar. Dengan demikian, Indonesia bisa masuk dalam fase negara gagal. Rakyat tidak percaya dengan demokrasi," katanya.

Menurutnya, sudah saatnya partai politik memikirkan koalisi yang mementingkan penyelesaian masalah yang ada di rakyat. Kembali kepada tujuan pembentukan NKRI yang tertuang dalam UUD'45 merupakan salah satu langkah yang harus dilakukan.

"Koalisi bukan persoalan menggenapkan bilangan untuk mengusung calon presiden, tapi fokus pada mandat utama rakyat atau harapan rakyat terhadap partai," ujarnya.


Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

pemilu 2014
Editor :

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!

BisnisRegional

To top