Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Area Pencarian MH370 di Dasar Samudera Hindia Dipersempit 10 Km Persegi, Butuh Waktu 7 Hari

Pencarian MH370 di dasar lautan Samudera Hindia saat ini difokuskan pada titik semakin sempit yaitu 10 km dari lingkaran dasar laut, dapat diselesaikan dalam waktu seminggu, kata pihak berwenang Australia dalam pencarian Boeing 777, Sabtu (19/4/2014).
Sepudin Zuhri
Sepudin Zuhri - Bisnis.com 19 April 2014  |  16:07 WIB
Malaysia Airlines MH370 Hilang - Reuters
Malaysia Airlines MH370 Hilang - Reuters

Bisnis.com, SYDNEY - Pencarian MH370 di dasar lautan Samudera Hindia saat ini difokuskan pada titik semakin sempit yaitu 10 km dari lingkaran dasar laut, dapat diselesaikan dalam waktu seminggu, kata pihak berwenang Australia dalam pencarian Boeing 777, Sabtu (19/4/2014).

Malaysia mengatakan pencarian itu pada "titik yang sangat kritis" dan meminta doa untuk keberhasilannya .

Angkatan Laut AS dengan kapal selam Bluefin-21 menjelajahi hamparan terpencil dasar dari Samudera Hindia untuk mencari MH370 yang menghilang dari radar pada 8 Maret dengan 239 orang di dalamnya.

Setelah hampir dua bulan tanpa tanda reruntuhan, pencarian di bawah air saat ini telah dipersempit ke daerah kecil di sekitar lokasi di mana salah satu dari empat sinyal akustik diyakini berasal dari kotak hitam perekam pesawat itu terdeteksi pada 8 April, kata para pejabat.

"Asalkan cuaca menguntungkan bagi peluncuran dan pemulihan AUV [peralatan bawah air tanpa awak] dan kita harus berjalan baik dengan serviceability dari AUV, kita harus menyelesaikan pencarian dari daerah bawah air difokuskan pada lima sampai tujuh hari," kata Badan Pusat Koordinasi Bersama.

Para pejabat tidak menunjukkan apakah mereka yakin bahwa daerah pencarian ini akan menghasilkan informasi baru tentang penerbangan, mereka juga tidak menyatakan langkah-langkah apa yang akan mereka ambil dalam hal pencarian di bawah air itu apakah akan sia-sia.

"Hal ini penting untuk fokus pada hari ini dan besok. Penyempitan area pencarian hari ini dan besok adalah pada saat yang sangat kritis," kata Menteri Transportasi Malaysia Hishammuddin Hussein pada konferensi pers di Kuala Lumpur, meminta orang-orang untuk berdoa agar pencarian itu membuahkan hasil.


Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

MH370

Sumber : Reuters

Editor : Sepudin Zuhri

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!

BisnisRegional

To top